Catatan Akhir Tahun 2019 R3D Perlu Dukungan Kerja Keras Kerja Hebat Kerja Cerdas

Spread the love

Jurnalline.com, Sulut – Tumpuk kepemimpinan pemerintahan Bupati Kab.minahasa Ir Royke Oktavian Roring, M.Si (ROR) dan Robby Dondokambey, S.Si (RD) baru akan memasuki 2 (satu) tahun kepemimpinannya ditanah Toar Lumimuut harus mendapat peran suport dukungan seluruh masyarakat minahasa.

“Mewujudkan Minahasa Maju dalam Ekomomi, Berdaulat Adil dan Sejahtera, dan Harapan masyarakat kiranya Apa yang sudah di kerjakan dan beberapa program yang sudah kami laksanakan seperti program BPJS Kesehatan gratis, Dana Duka Rp.2.5 juta, Bantuan Pendidikan (Seragam, Sepatu, Tas), BPJS Ketenagakerjaan, dan program lainnya terus diupayakan extra kerja hebat kerja cerdas guna merealisasikan beberapa program kerja strategis lainnya.

“Untuk menyelesaikan beberapa solusi dalam memecahkan persoalan pemerintah seperti kemiskinan dan pengangguran, dan hasilnya sungguh memuaskan karena angka kemiskinan bisa di tekan hingga 7,9% dari sebelumnya 8,20%, dan angka pengganguran turun hingga 6,86%, semua itu merupakan anugerah Tuhan bagi pemerintah dan seluruh masyarakat sulawesi utara merupakan keberhasilan kita bersama sebagai bentuk perhatian pemerintah sulawesi utara kepada para pekerja sosial lintas agama, Visi Misi R3D lima tahun kedepan dapat terealisasi ‘Genjot Program R3D’.

Selain Perlunya melakukan langkah-langkah percepatan, terutama untuk mengejar target waktu yang ditentukan sehingga dapat selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan. “Adalah satu hal yang saya harus diingatkan agar kualitas pekerjaan harus senantiasa dikedepankan semua pekerjaan fisik yang dilaksanakan dapat berjalan repat waktu, tepat sasaran dan tepat kualitas.”

Dukungan Peran setiap kepala perangkat daerah OPD se-Kabupaten Minahasa untuk mengarahkan kepekaan untuk kerja tulus, kerja iklas, kerja cerdas terhadap realitas kebutuhan dan kepentingan masyarakat minahasa.”Peningkatan kualitas kerja dan kualitas pelayanan tugas tanggung jawab menjadi harga mati dalam membangun citra pemerintah kedepan, serta menjawab Berbagai keluhan masyarakat berkaitan dengan pola pelayanan jajaran pemerintah Kabupatem selama ini harus ditingkatkan digantikan dengan rasa percaya dan dukungan.”

Di Berbagai kesempatan Bupati Ir ROR menyampaikan peran semua pihak pada Pelestarian Danau Tondano, kemudian Penyelamatan Hutan Lembean, juga issue – issue strategis lainnya tentunya dibutuhkan dukungan semua pihak.

Berbagai Program yang Guna membangun soliditas dijajaran pemerintah ditingkat desa, kecamatan dan pemerintah daerah dibutuhkan sinergitas keterbukaan pelaksanaan seluruh program sehingga dapat berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat.

Dibutuhkan peran dan dukungan semua pihak menuju pemberdayaan sumber daya manusia unggul inivatif dan siap bersaing diera 4.0 Peran keterlibatan semua pihak dalam hal ini memaksimalkan tugas para Camat, serta Jajaran Perangkat Desa, Hukum tua dibutuhkan ketulusan dan keterbukaan kerja bersama terkait dalam melaksanakan tugas program pembangunan skala prioritas sehingga dapat memberikan dampak perekonomian masyarakat.

Menindaklanjuti arahan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Abdul Halim Iskandar untuk terus berkomitmen memberikan dukungan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) aktif dan berinovatif yang dapat memberikan pendapatan bagi desa maupun masyarakat desa demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat desa Menurutnya, BUMDes yang sehat akan diberikan support agar dapat terus berkembang karena dapat memberikan manfaat besar bagi pembangunan desa untuk terus berkembang dan masyarakat menjadi sejahtera.

Abdul Halim juga mengatakan bahwa BUMDes yang tidak aktif maupun BUMDes yang sakit atau aktif tapi belum memberikan manfaat bagi desa dan masyarakat desa harus dievaluasi dan diambil keputusan guna memastikan langkah lebih lanjut. Caranya dengan melakukan evaluasi secara menyeluruh guna memastikan kondisinya.

“Itu pasti ada suatu yang menjadi problem. Disupport drop, disupport lagi drop lagi, sudah jangan dipaksa-paksa, dievaluasi semuanya. Pengelolanya dievaluasi, dasar perencanaannya dievaluasi, target capaiannya dievaluasi, karena disupport berapa pun sulit berkembang kalau tidak dievaluasi total,”

Sukses melaksanakan 5th Asian Christian Life Giving Agriculture Confrence Minahasa2019, Dari Pandangan Presiden LGA Asia Rev. Han Kyeong Ho, banyak orang khawatir tentang masa depan kehidupan manusia. hal itu akan memiliki efek luar biasa termasuk bagi dunia pertanian, dan dalam situasi ini bagaimana dan apa yang akan kita lakukan sebagai orang Kristen.

“Tentunya LGA sangat penting bagi kehidupan kita di masa depan Presiden LGA Asia Rev. Han Kyeong Ho. dimana Life Giving Agriculture (LGA) adalah filosofi hidup yang didasarkan pada kehidupan teologi yang merupakan proses peningkatan kehidupan yang didasarkan pada iman dalam budaya berbagi, saling memperhatikan dan kasih diharapkan akan dapat menghasilkan rekomendasi-rekomendasi penting untuk dijadikan rujukan dan pedoman pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan.

Untuk itu bersama dukungan masyarakat, kami berkomitmen mewujudkan kemandirian ekonomi dengan mendorong sektor pertanian, perikanan dan pariwisata serta mewujudkan pengembangan kewilayahan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan.

“Dengan Dipercayakannya kabupaten minahasa sebagai tuan rumah pelaksanaan konsultasi teologi ini, akan memberi nilai tambah dalam pengembangan sektor pertanian dikabupaten Minahasa untuk pencapaian visi dan misi kabupaten minahasa.”

Memantapkan Peran Bunda PAUD dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia Sejak Usia Dini berguna untuk meningkatkan pemahaman Bunda PAUD terkait kerangka kebijakan global dan nasional di bidang PAUD serta meningkatkan pemahaman peran Bunda PAUD sebagai penggerak utama dalam pembinaan layanan PAUD di daerahnya masing-masing khususnya di Kabupaten Minahasa nantinya.

Pekerjaan Rumah Kepemimpinan Bupati Ir Royke Oktavian Roring, MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey, SSi pengerjaan menara pandang sebagai Identitas Danau Tondano dan dikembangkan dermaga danau Tondano akan mampu angkat Destinasi Pariwisata tanah Minahasa disamping pendukung kawasan danau Tondano seperti benteng moraya akan terus dikembangkan sebagai destinasi wisata terpadu dengan nilai sejarah., alam., dan budaya.

Lanjutnya, penyerderhanaan jabatan struktural eselon III dan IV itu dikecualikan untuk jabatan-jabatan yang memiliki tugas dan fungsi sebagai kepala satuan kerja, dengan kewenangan dan tanggung jawab dalam penggunaan anggaran atau pengguna barang dan jasa, jabatan-jabatan yang memiliki tugas dan fungsi yang berkaitan dengan kewenangan kewilayahan.

Menghadapi perubahan dunia yang begitu cepat dan menghadapi antar negara dalam merebut teknologinya, berebut pasar yang digunakan untuk memajukan negaranya, maka kita tidak boleh takut, Kita harus menghadapi persaingan itu dengan cara-cara baru, dengan terobosan-terobosan baru dengan Kecepatan, kreativitas dan inovasi adalah kunci.”

Selanjutnya dibawah kepemimpinan Tangan Dingin Gubernur Sulawesi Utara Bapak Olly Dondokambey, SE sebagai TONAAS WANGKO UMBANUA menyampaikan terima kasih dan Berbangga atas anugerah yang telah diberikan bagi tanah minahasa, tentunya banyak hal untuk mengevaluasi dan mengkoreksi hal hal yang ada.

Ada perbaikan lebih kedepan ditahun yang baru untuk masyarakat dan menjadi pelayan ditengah tengah masyarakat, seiring dengan perkembangan teknologi, diharapkan dibarengi oleh peningkatan SDM, Birokrasi, dan Ekonomi kreatif.

Gubernur Olly Dondokambey juga menyampaikan pemanfaatan sumber daya alam harus lebih ditingkatkan, seperti pada peningkatan harga kopra dan cengkeh untuk kemajuan Sulut dan Minahasa.

“Semua ini akan terlaksana jika kita berdialog dengan baik, bersama mengembangkan semua persoalan karena goreng samua bersaudara. DAMAI Sejahtera menyertai Masyarakat Sulut.,”

Terpenting dalam pembangunan adalah mewujudkan peningkatan kesejahteraan terhadap masyarakat, dengan program yang telah dilaksanakan, diantaranya : Santunan duka, BPJS Kesehatan bagi masyarakat hingga 100persen dengan total anggaran mencapai 72miliar, selanjutnya manfaat BPJS ketenagakerjaan, Pemberian DanaDuka, bantuan Seragam diikuti peningkatan insentif tenaga THL akan mewujudkan kualitas pembangunan di minahasa, RRRD Center (REAKSI,RESPON,RELIEF) Comand Center.

Kerjasama semua elemen terkait, pada pelaksanaan agenda nasional dapat sukses, meski demikian Masih banyak pekerjaan rumah yang kedepannya harus dikerjakan seperti pada masalah eceng gondok akibat pendangkalan Danau Tondano, Peningkatan Infrastruktur, penanganan jalan nasional maupun provinsi akan memacuh pada suksesnya pembangunan gedung rumah sakit puncak tonsaru tipe C dengan luas lahan 3 hektar.”

Peran dengan hadirnya Wadah Hirarki Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Kabupaten Minahasa sekaligus meningkatkan profesionalitas dengan mentaati kode etik jurnalistik, melawan segala jenis informasi hoax, ujaran kebencian serta unsur provokasi.

“Roring berharap jangan ada perangkat daerah yang alergi kritikan, sebab keberadaan organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Kabupaten Minahasa ini sangat penting untuk menaungi dan menjamin terjaganya kinerja wartawan yang profesional Dengan benar – benar memahami kode etik jurnalistik sehingga wartawan yang tergabung dalam organisasi ini benar benar kompeten serta dilindungi dan patuh kepada Undang Undang serta Dewan Pers Nasional,”

“Peran jurnalis dibawah naungan organisasi PWI ini, akan membantu jalannya Pemerintahan dan pembangunan. kepada semua insan pers untuk memberikan karya jurnalistik yang terbaik dan berimbang dan dapat dipertanggungjawabkan.”

Pada akhirnya Lima point penting serta 22 kegiatan unggulan Bupati ROR dan Wabup RD yang harus di suport antara lain Meningkatkan pembangunan SDM yang berbudaya dan berdaya saing, mewujudkan kemandirian ekonomi dengan mendorong kemajuan sektor pertanian, perikanan dan pariwisata, pemerataan kesejahteraan masyarakat berkelanjutan, berkeadilan dan memantapkan birokrasi yang profesional, Pemerintah yang Pro Rakyat, Tidak ada lagi Korupsi Kolusi dan Nepotisme.

Seperti halnya Ketua Tim LSM FPRI Wenfrid Robot didampingi Koordinator Hukum DPC LSM FPRI Kabupaten Minahasa Denny Kaligis, SH, kepada redaksi jurnalline.com mengungkapkan mewakili laporan dari masyarakat dalam menyuarakan aspirasinya, terkait dalam hal pelaksanaan pembangunan proyek proyek diminahasa yang belum tuntas menggunakan Dana APBD maupun APBN, Pemanfaatan ADD dan Anggaran Dana Desa mendapat perhatian dan akan terus dikawal pembangunannya oleh Lembaga Swadaya Masyarakat, Tutur Birokrat jebolan Lemhanas RI Ketua DPC LSM FPRI Wemfrits Robot didampingi Koordinator Hukum LSM FPRI Denny Kaligis, SH, mengungkapkan Peran Istansi terkait dan INSPEKTORAT harus kerja profesional ditunjukan sesuai tupoksi yang ada.

Semoga MINAHASA Semakin Jaya Bangkit menjadi Kabupaten Maju Berdaulat Adil Bermartabat dan Sejahterah.

SELAMAT MENAPAKI TAHUN BARU 01 JANUARI 2020 Tahun Penuh Kasih, Tahun Berkah Bagi Rakyat.

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.