Pembukaan Kursus Dasar Instruktur Bahasa Inggris (DIBI) ke-45

Spread the love

Jurnalline.com, Pondok Labu (Jakarta) – Bid Kat Mutu Diklat, Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Yudhy Chandra Jaya, M.A. bertindak sebagai Inspektur Upacara dan sekaligus pada pukul 09.10 WIB secara resmi membuka Kursus Dasar Instruktur Bahasa Inggris (DIBI) ke-45 TA. 2020 bertempat di Aula Gedung H. Nastaf Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu Jakarta Selatan, Senin (29/1/2020).

Pada kata sambutannya, Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan mengatakan bahwa Kursus ini akan dilaksanakan selama 5 bulan dengan 702 jam pelajaran @45 menit dengan alokasi 12 orang peserta, pelaksanaannya dimulai hari ini tanggal 29 Januari 2020 sampai dengan 17 Juni 2020, ujarnya.

Menjadi seorang pengajar bahasa Inggris yang baik tidaklah mudah. Seorang pengajar bahasa yang handal dituntut tidak hanya berbekal kemampuan berbahasa yang memadai dan menggunakan metode pangajaran dengan baik, tetapi juga harus teladan dan bahkan harus dapat menjadi sumber inspirasi serta mampu mentransfer pengetahuannya secara efektif kepada para siswanya, lanjutnya

Dalam pelaksanaan Kursus DIBI, selain peningkatan pengetahuan dan kemampuan berbahasa Inggris para peserta akan diberi pembekalan mengenai segala aspek yang berkaitan dengan pengajaran bahasa Inggris, seperti pengetahuan tentang berbagai metodologi pengajaran, manajemen kelas, evaluasi kursus, dan pelatihan mengajar teman sekelas (peer teaching), dilanjutkan praktik mengajar di kelas sesungguhnya.

Selain beberapa aspek diatas para peserta juga akan berdiskusi tentang hambatan yang umumnya dihadapi oleh pembelajar bahasa Inggris, seperti pengucapan kata (pronunciation), pemahaman struktur bahasa Inggris dan pengejaan (spelling) dengan dibimbing oleh para instruktur DIBI dalam mencari solusi dari permasalahan yang ada dan menyamakan persepsi sehingga tidak akan terjadi perbedaan prinsip pada saat memberikan penjelasan kepada peserta didik nantinya.

Dengan dibukanya kursus ini, diharapkan mulai saat ini para peserta berkosentrasi penuh pada kegiatan belajar mengajar pada kursus ini untuk mencapai hasil maksimal menjadi seorang guru bahasa Inggris yang profesional, pungkasnya.

Penulis : Fram
Editor : Dre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.