Kajati Sulut Hadiri Seminar Nasional DPD RI Bersama Anggota DPD RI Dan Forkopimda Se-Indonesia

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Bertempat di Gedung Nusantara IV Komplek Parlemen, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat pada pukul 09.00 s/d 13.30 WIB, Senin (24/02/2020) Dilaksanakan Seminar Nasional Penegakan Hukum Dalam Kerangka Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan Percepatan Pembangunan Daerah yang dilaksanakan oleh Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia.

Seminar Nasional ini langsung dibuka oleh Ketua DPD RI dan sebagai Narasumber pada seminar ini, yakni Jaksa Agung RI Dr. ST. Burhanuddin, Ketua KPK Irjen Firli Bahuri, Wakapolri Komjen Gatot Eddy, Ketua Komite I DPD RI Agustin Teras Narang Direktur Jenderal Bina Administrasi Kementerian Dalam Negeri RI Eko Subowo dengan dipandu oleh moderator (host) Rosiana Silalahi.

Adapun Tujuan dilaksanakannya Seminar Nasional ini, adalah diantaranya ;

1. Untuk membangun komunikasi dan sinergi yang lebih kuat antara DPD RI dengan pemerintah Daerah Provinsi se-Indonesia,
2. Untuk memberikan dorongan dan penguatan kebijakan pembangunan daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, inovasi dan daya saing daerah
3. Untuk mengetahui dan memahami upaya pencegahan dan penindakan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme dalam penyelenggaraan pemerintahan Daerah.
4. Untuk membangun kesepahaman antara penyelenggara pemerintahan di daerah dengan aparat penegak hukum, dalam pencegahan dan penindakan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme dalam penyelenggaraan pemerintahan Daerah.

Usai acara seminar dilanjutkan dalam bentuk Panel menampilkan pemateri masing masing dari :
1. Komisi I DPD RI tentang Peran DPD RI dalam mendorong percepatan pembangunan daerah.
2. KPK tentang Peran KPK dalam Pencegahan, Pembinaan, dan Penindakan Korupsi terhadap Penyelenggara Pemerintahan Daerah.
3. Menteri Dalam Negeri tentang Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang Inovatif, Demokratis, Akuntabel dan Profesional.
4. Kejaksaan RI tentang Peran Kejaksaan dalam Pengawasan, Pencegahan dan Penindakan Korupsi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah
5. Kepolisian RI tentang Peran Polri dalam Mengawal Pembangunan dan Investasi di Daerah.

Point penting pada seminar ini diharapkan para anggota DPD RI dari setiap perwakilan Provinsi, duduk satu meja (round table) dengan Forkopimda masing-masing untuk lebih memperkuat komunikasi dan menjalin sinergi dalam upaya percepatan pembangunan daerah.

Pada kesempatan ini Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Kajati Sulut) Andi Muh Iqbal Arief, SH.MH yang turut hadir pada seminar ini pula diikuti oleh para Anggota DPD RI, Gubernur se-Indonesia, Ketua DPRD Provinsi se-Indonesia, Kapolda se-Indonesia dan Kajati se-Indonesia, dengan Narasumber Utama dari Lembaga Negara KPK RI, Komite I DPD RI, Menteri Dalam Negeri, Polri dan Kejaksaan Agung RI).

Penulis : EffendyV.Iskandar
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.