Satgas Yon713/ST Ajarkan Nilai Santun Cinta Lingkungan

Spread the love

Jurnalline.com, Papua – Satgas Yonif 713/Satya Tama Pos Kout melaksanakan kegiatan Pendidikan pengembangan diri dengan materi mengajarkan nilai sopan santun dan cinta lingkungan kepada siswa siswi SD Inpres Arso 6 Jln. Kampung Nuri Arso 6 Kabupaten Keerom Jayapura Provinsi Papua, Sabtu (01/02/2020).

Adapun beberapa materi yang diberikan oleh personel Pos Kout antara lain nilai-nilai sopan Santun seperti halnya sikap menghargai kepada yang lebih tua, cara berbicara dengan orang yang lebih tua, sebaya dan yang lebih Muda serta sikap ketika menerima pelajaran di kelas.

“Etika sopan santun yang diberikan ini tidak terlepas dari kegiatan disetiap harinya yang tentunya hal ini akan lebih mudah diterima oleh siswa siswi serta dapat diterapkan disetiap harinya.” Tukasnya

Menurutnya mungkin etika sopan santun seperti ini terlihat mudah namun apabila tidak diajarkan sejak dini tentu akan dilupakan ataupun luntur,
“Tidak hanya memberikan materi dan praktek tentang etika sopan santun saja Satgas juga memberikan material cinta lingkungan seperti halnya dalam kehidupan sehari-hari yaitu mengajarkan tentang jenis sampah di lingkungan, manfaat kebersihan lingkungan Sekolah dan siswa serta mengajak anak-anak untuk bersama-sama membersihkan lingkungan sekolah.”

Lanjutnya Seperti halnya etika sopan santun, cinta lingkungan juga harus kembali ditekankan kepada siswa siswi dengan harapan agar mereka dapat lebih mencintai lingkungan hidup baik dirumah maupun di sekolah.

Senada Setda Ckm Muhammad Syaban menyampaikan rasa bangganya dapat menjadi tenaga pendidik,
“Saya mewakili dari rekan-rekan tenaga pendidik dari Pos Kout sangat bangga karena dalam pemberian materi anak-anak cukup memperhatikan dan dapat mempraktekan dengan baik semua materi, hal itu tentunya merupakan harapan kami selaku tenaga pendidik dapat diteima dengan baik serta dapat memberikan ilmu pengetahuan yang kami miliki kepada mereka”, ungkapnya.

Ditempat yang sama Ibu Mardiana selaku Guru di SD Inpres juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Satgas Yonif 713/ST Pos Kout yang dengan senang hati menjadi seorang tenaga pendidik.

“Saya sangat kagum dengan para personel Satgas dalam memberikan materi, bukan hanya jago perang namun mereka prajurit-prajurit juga memiliki kesabaran dan pandai dalam mengajar. ” tandasnya

Menambahkan tentunya saya selaku perwakilan dari SD Inpres Arso 6 sangat berterimakasih dan besar harapan agar Satgas selalu diberikan kemudahan dan keberhasilan dalam menjalankan penugasan di Perbatasan Papua ini.

Turut hadir dalam kegiatan ini Letda Ckm Muhammad Syaban (Dantonkes Satgas Yonif 713/ST), Serda Faisal, Pratu Wafa, Pratu Yodi, Prada Muhammad, Bapak Ginanjar (Guru Pembina SD Inpres Arso 6) Ibu Mardiana (Guru Pembina SD Inpres Arso 6), Ibu Susi (Guru Pembina SD Inpres Arso 6) dan 43 orang siswa siswi SD Inpres Arso 6.

Penulis : Effendy V.Iskandar
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.