Bupati ROR Pimpin Rapat Forkopimda Bahas Perkembangan Strategis Di Minahasa

Spread the love

Jurnalline.com, Minahasa – Bertempat di Rumah Dinas Bupati jalan sasaran Tondano kab.Minahasa, Jumat (03/07/2020) Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Oktavian Roring, MSi, bersama Wakil Bupati Minahasa Dr Robby Dondokambey ,S.Si, MM dan Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw, SE, Melaksanakan Rapat Forkopimda membahas Tentang berbagai perkembangan strategis dan aktual di wilayah Kabupaten Minahasa.

Beberapa hal yang dibahas bersama dalam Rapat Forkopimda ini, antara lain ; Perkembangan masalah tanah perkebunan Rombe yang saat ini Masih dalam Pengawasan dan telah disepakati penyelesaiannya dalam waktu yang tidak terlalu lama.

“Karena itu, masyarakat yang terkait dengan lokasi perkebunan tersebut agar benar benar mempercayakan penyelesaiannya kepada Pemerintah Kabupaten.” ujar Bupati ROR

Lanjutnya terkait penanganan terhadap penyebar Issue Hoax dan Provokatif yang Bernuansa SARA. Pemerintah Kab. Minahasa bersama Forkopimda Plus akan memantau Issu Hoax lewat sosial media dan jika ada Issu Hoax yang bernuansa SARA dan memprovokasi masyarakat akan ditindak sesuai ketentuan yang berlaku.

“Evaluasi, Langkah dan Kebijakan dalam rangka memutus rantai penyebaran Corona Virus Desease (Covid – 19),”

Terkait Perkembangan terkini penyebaran Covid -19 di Kabupaten Minahasa masih saja bertambah. untuk itu, bersama terus disosialisasikan kepada masyarakat agar tetal mematuhi Protokol Kesehatan dalam kehidupan sehari-hari demi untuk keamanan keluarga dan lingkungan masyarakat dari penyebaran Covid 19.

“Dalam hal Kondisi Ruang Isolasi di RSUD DR Samratulangi Tondano dan Rumah singgah saat ini selalu siap siaga melayani Masyarakat yang terdampak Covid 19.” tandasnya

Sementara itu Pos-pos pemantauan di pintu masuk Minahasa akan ditarik dan memaksimalkan Pos-pos yang ada di Desa dan Kelurahan.

“Penerapan Protokol Kesehatan di pasar-pasar tetap berlaku dengan sistem ganjil genap dan selalu ada Pemantauan dan Pengawasan dari pemerintah Kab Minahasa agar aktifitas ekonomi di pasar tetap berjalan tapi dalam Protokol kesehatan.” urai Bupati ROR

Lebih jauh disampaikan bahwa Penanganan pasien yang terkonfirmasi NcOv19 dan kasus positif sesuai protokol kesehatan dan Pemda Minahasa pekan depan akan memiliki peralatan pemeriksaan PCR agar bisa secepatnya diketahui hasil SWAB.

Menjadi harapan masyarakat tidak perlu takut atau khawatir dalam pelaksanaan Rapid Test ataupun SWAB sebagai tindak lanjut dari hasil Tracing kontak erat dengan yang terkonfirmasi positif.

“Penanganan pemakaman Jenazah Covid – 19 sampai saat ini tidak ada penolakan dari masyarakat, karena itu perlu diberikan apresiasi kepada masyarakat diKabupaten Minahasa.” tandasnya

Ditambahkannya dalam hal pemberlakuan New Normal, bahwa Pelaksanaan pembukaan ibadah di rumah-rumah ibadah nantinya akan disesuaikan dengan hasil rapat FKUB. yaitu diserahkan kepada masing masing pimpinan agama serta rekomendasi bersama FKUB sebagai acuan yaitu untuk Zona hijau bisa melakukan ibadah di rumah ibadah dengan maksimal 30 % dari kapasitas rumah ibadah.

“Untuk yang berada dizona kuning hanya direkomendasikan pengurus, Pimpinan atau majelis jemaat yang beribadah di rumah ibadah dan yang zona merah masih direkomendasikan untuk beribadah di rumah.” jelasnya

Untuk kegiatan Usaha Restoran, Cafe dan kegiatan ekonomi lainnya dapat berjalan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang berlaku. Disamping itu, masih dibatasi sampai jam 8 malam dengan tetap membatasi kapasitas restoran dan cafe maksimal 40 % dari daya tampung yang tersedia.

“Khusus untuk ekonomi produktif masyarakat seperti di sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan perdagangan dapat dilaksanakan sesui protokol kesehatan.” kuncinya

Atas nama Bupati Minahasa dan wakil Bupati Minahasa menyampaikan Ucapan Terimakasih atas kehadiran dan kebersamaan seluruh Forkopimda Minahasa Plus di Rapat saat ini, sinergitas ini tentu akan makin mendorong percepatan pembangunan terutama dalam menyikapi dan mensolusikan berbagai perkembangan strategis di Daerah Sulut.

Turut hadir Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf. Slamet Raharjo, Kajari Minahasa Rahmat Budiman Taufani, SH, Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang, SIK, Ketua Pengadilan Negeri Tondano ST Iko Sudjatmiko, SH, MH, Dandim 1309 Manado Letkol Inf. Yohanes Raymond Raja Sulung Purba, SH, M.Tar (HAN), Kapolresta Manado Kombes Pol. Evianus Laoli,SIK, MH, Kapolres Tomohon AKBP Bambang Ashani Gatot, Sekretaris Daerah Kab. Minahasa Frits Muntu, MSi, Asisten Pemerintahan dan Kesra DR. Denny Mangala, MSi, dan Kaban Kesbangpol Kab. Minahasa Ir. Hanny Moniung.

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.