Kodim 0507/Bekasi Laksanakan Kegiatan Sosialisasi Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat TA.2020

Spread the love

Jurnalline.com, Bekasi – Kodim 0507/Bekasi melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pembinaan Rencana Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat TA.2020 di Aula Makodim 0507/Bekasi, Jl.Veteran, No.60, Kel.Margajaya, Kec.Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Rabu (12/08/2020). Kegiatan tersebut dipimpin oleh Plh Kasdim Mayor Czi Sali mewakili Dandim 0507/Bekasi Letkol Arm Iwan Aprianto,.S.I.P.

Kegiatan Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan petunjuk dan pedoman bagi satuan komando kewilayahan jajaran Kodim 0507/Bekasi dalam melaksanakan Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat di wilayah masing-masing.

Dalam sambutannya, Kasdim menyampaikan bahwa rencana tata ruang wilayah untuk pertahanan pada tingkat Kodim memuat rencana umum pemanfaatan wilayah dan kawasan guna kepentingan pertahanan keamanan di wilayah dan merupakan penjabaran dari RTRW pertahanan tingkat Kodam maupun RTRW Pertahanan Nasional dan sekaligus digunakan sebagai pedoman bagi penyusunan RTRW pertahan tingkat Korem dan Kodim.

Ia mengungkapkan, sinkronisasi antar sektor yang memegang kebijakan pengaturan pemanfaatan ruang menjadi suatu keharusan melalui pembahasan oleh pemangku kepentingan yaitu Pemerintah, swasta dan masyarakat, melalui singkronisasi antara rencana tata ruang wilayah provinsi (RTRWP) dan rencana tata ruang wilayah pertahanan pada tingkat Kodam, maka akan menghasilkan tata ruang wilayah yang baik sehingga dapat dijadikan pedoman bagi RTRW pertahanan pada tingkat Korem maupun Kodim.

“Dalam menjalankan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, satuan Komando kewilayahan merealisasikan dengan kegiatan pembinaan teritorial yang pada hakekatnya merupakan potensi geografi, demografi dan kondisi sosial sebagai ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh yang bisa menjadi kekuatan wilayah”, terangnya.

Kasdim mengharapkan agar melalui kegiatan sosialisasi ini akan terwujud kesamaan visi dan persepsi antara tata ruang wilayah pertahanan darat baik tingkat Kodam, Korem dan Kodim.

Lebih lanjut menurutnya, komunikasi sosial antara Prajurit TNI AD dengan Aparat Pemerintah perlu dijaga dan terus ditingkatkan, sehingga tumbuh kepedulian dan kepekaan terhadap berbagai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial.

“Untuk itu, agar pelaksanaan kegiatan komunikasi sosial dengan aparat pemerintah dapat dilaksanakan dengan baik dan benar, maka setiap Prajurit TNI AD harus selalu memahami tentang pokok-pokok penyelenggaraan kegiatan komunikasi sosial tersebut, dengan harapan pelaksanaannya dapat mencapai hasil yang optimal sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditentukan”, tutupnya

Kegiatan Sosialisasi Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat TA.2020 dihadiri kurang lebih oleh 65 orang peserta dengan narasumber Ibu Dewi Astiyanti, ST., M.Si. Kepala Bidang Perencanaan Ruang Dinas Tata ruang Kota Bekasi, Wadanramil 02/Pondok Gede Kapten Arm Catur Anang W dan Danramil 05/Bantar gebang Kapten I f Pardi.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Pendim 0507/Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.