Rakor Pengelolaan Danau Tondano, Bupati RO Roring Ajak Mari Bersama Lestarikan Danau Tondano

Spread the love

Jurnalline.com, Minahasa – Bertempat di Benteng Moraya Tondano, Senin (10/08/2020) ), Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring MSi, IPU, ASEAN.Eng, memimpin secara langsung Rapat Koordinasi Pengelolaan Danau Tondano dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Utara Ir. Marly Gumalag M.Si.

Pada kesempatan ini Bupati Minahasa Dr. Ir Royke Octavian Roring M.Si menyampaikan rapat koordinasi ini diadakan karena hal ini merupakan suatu keseriusan pemerintah dalam penanganan pengelolaan danau Tondano.

“Untuk melestarikan danau Tondano kabupaten Minahasa, (Lumeos in Lour Tondano) mengingat bahwa permasalahan Danau Tondano diantaranya permasalahan air minum ini yang menjadi kebutuhan masyarakat belum juga tuntas.” ujar Roring

Lanjut dirinya mengungkapkan bahwa pemerintah telah mengusahakan berbagai upaya dalam pelestarian danau Tondano, salah satunya adalah upaya koordinasi dengan pemerintah pusat.

“Pentingnya pelestarian danau Tondano mengingat bahwa ini merupakan sumber irigasi, destinasi pariwisata, sumber perikanan, sumber energi, dan sumber air minum bagi masyarakat sekitar.” jelasnya

Diketahui bahwa Danau Tondano merupakan salah satu yang memberikan kontribusi apabila manado banjir, jadi sangat disayangkan jika revitalisasi akan danau Tondano ini dibiarkan.

“Sebagai upaya pemerintah dalam melakukan Prioritas kegiatan pelestarian Danau Tondano, berupa percepatan pembangunan tanggul pengaman lanjutan sepanjang 14.291 m dari rencana 18.255 m, pembangunan sedimen trap di beberapa inlet Danau Tondano, pembangunan regulator gate di outlet danau Tondano, penanganan eceng gondok, penataan kawasan lingkar danau,dan juga peningkatan kapasitas jalan lingkar danau.” urai Bupati RO. Roring

Adapun sebelumnya Pemerintah kab. Minahasa telah Menandatangani Nota Kesepakatan bersama pemerintah pusat, sebab Danau Tondano merupakan salah satu dari 15 danau prioritas nasional untuk di revitalisasi dengan permasalahan DAS danaunt rusak.

“Kiranya dengan diadakannya rapat koordinasi ini kita semua bisa untuk terus bekerjasama mengelola Danau Tondano dikabupaten Minahasa.” tandasnya

Guna mewujudkan revitalisasi Danau Tondano dan terus memberi perhatian dalam pelestarian danau Tondano (Lumeos In Lour Tondano) ini, bisa dilaksanakan dengan melibatkan semua stakeholder yang ada di provinsi Sulawesi Utara dalam kerjasama yang baik juga dengan seluruh instansi terkait baik dari Pusat maupun Kabupaten.

Diketahui Kegiatan Rakor ini dilaksanakan dengan Menggunakan Protokol Kesehatan Covid – 19.

Turut hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir Wenny Talumewo MSi, Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I Ir Bastari M.Eng, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa dan Perwakilan dari Instansi Terkait.

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.