Peringatan Hari Jadi Ke -72 Korps Suplai

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Korps Suplai tahun 2020, personel Dinas Keuangan Angkatan Laut (Diskual) menggelar syukuran yang dipimpin oleh Kepala Dinas Keuangan Angkatan Laut (Kadiskual) Laksamana Pertama TNI Dr. R. Anang D. Kuncoro, S.E., M.M., CFrA, CHRMP., yang didampingi Ketua Ranting D Cabang 1 PG Mabesal Ny. Tari R. Anang Dwi Kuncoro, bertempat di Gedung B4, Taman Diskual, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (1/9).

Kegiatan yang mengusung tema “Korps Suplai Solid dan Profesional Dalam Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut” itu diawali dengan senam pemanasan dan melaksanakan Gowes bersama seluruh personel Diskual dengan rute mengelilingi ring luar Mabes TNI dan finish di parkiran B4 Diskual. Peringatan Hari Jadi Korps Suplai yang ditandai dengan pemotongan tumpeng digelar secara hikmat pada situasi pandemi Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Dalam amanatnya Kadiskual mengatakan bahwa, 72 tahun yang lalu tepatnya tahun 1948 merupakan hari yang bersejarah bagi Korps Administrasi yang dapat mendukung TNI AL dalam rangka melaksanakan tugas dan menjaga keamanan laut Nusantara. Sejarah telah membuktikan bahwa para pejuang yang tergabung dalam Angkatan Laut yang menamakan dirinya sebagai Corps Armada (CA) bersama-sama pasukan pendukung Angkatan Laut di darat yang tergabung dalam Corps Marinier (CM) mengadakan selection board guna menetapkan korps administrasi yang merupakan cikal bakal terbentuknya Korps Suplai bersamaan dengan empat Korps lainya yang ada di lingkungan Angkatan Laut.

Menurutnya, perjalanan panjang Korps administrasi dapat menjadikan momentum untuk menumbuhkan motivasi dan kebanggaan bagi Korps Suplai dalam rangka meningkatkan profesionalisme pada tahun 2001 diterbitkan Surat Keputusan Kasal Nomor SKEP/1334/VIII/2001 tanggal 20 Agustus 2001 tentang Perubahan Lambang dan Penyebutan Korps Administrasi Menjadi Korps Suplai yang selanjutnya digunakan sebagai dasar untuk menetapkan bahwa tanggal 1 September menjadi Hari Jadi Korps Suplai.

“Dengan telah di tetapkanya perubahan dan penyebutan Korps Suplai maka pada kesempatan ini saya mengucapkan selamat Hari Jadi Korps Suplai yang ke-72 kepada Perwira Bintara, Tamtama Korps Suplai yang berdinas dimanapun berada baik di bidang keuangan, pembekalan, kesekretariatan dan kolateral. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan rahmat dan karunianya serta memberikan bimbingan kepada seluruh prajurit Korps Suplai dalam pengabdian kepada bangsa dan negara sebagai wujud rasa syukur”, ungkap Laksma TNI Dr. R. Anang D. Kuncoro.

Mengakhiri amanatnya, Kadiskual berharap agar para personel Korps Suplai dapat memberikan kemajuan kinerja kepada Satuan Kerja dan organisasi serta membangkitkan motivasi diri dalam mengembangkan dan meningkatkan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena kemampuan tersebut akan berdampak terhadap eksistensi Korps Suplai dalam mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut. “Personel Korps Suplai harus mampu beradaptasi dan memiliki kepedulian agar semboyan Jala Yoda Pawitra Murba yang berarti bermoral, jujur dan profesional dapat terwujud”, tambah Kadiskual.

Dalam kegiatan ini juga ditampilkan peserta terfavorit lomba SKJ 88 sekaligus diumumkannya pemenang dari berbagai lomba yang telah dilaksanakan sebelum peringatan Hari Jadi Korps Suplai. Di antaranya lomba rumah sehat, lomba catur, lomba stand up comedy, lomba masak sarapan pagi, lomba kebersihan ruangan, lomba design masker dan lomba senam SKJ 88 serta lomba hidroponik dan apotik hidup.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.