Panen Raya Untuk Negeri, Satgas Yonif MR 413 Kostrad Dukung Program Ketahanan Pangan

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Bersama Dankolakopsrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan M.Han, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad beserta masyarakat menggelar Panen Raya dalam mendukung Program Ketahanan Pangan di massa Pandemi Covid-19 yang saat ini masih terjadi dan merebak ke seluruh penjuru Negeri.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto S.H., M.Han yang turut hadir dalam acara panen raya di Kampung Skouw Mabo, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura. Kamis (29/10).

Dalam sambutannya, Dansatgas menjelaskan rincian luas lahan dan jenis tanaman yang ada dalam kebun ketahanan pangan tersebut. “Kami sampaikan bahwa luas lahan yang kita gunakan sekitar satu hektar milik warga Kampung Skouw Mabo atas nama Bapak Agus Balora. Adapun jenis tanaman yang terdapat pada Laha tersebut diantaranya Semangka, Melon, Jagung dan Singkong.” Jelas Anggun kepada seluruh peserta panen yang hadir dalam acara tersebut.

“Sesuai komitmen kami pada awal pembukaan lahan bahwa semua buah yang kita tanam ini hasilnya untuk masyarakat. Namun dari keempat jenis tanaman, hanya singkong yang belum bisa kita panen karena usia panennya sekitar enam sampai tujuh bulan, sedangkan untuk semangka, melon dan jagung hari ini bisa dilakukan panen.” Tambah Anggun.

Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan M.Han yang juga menjabat sebagai Komandan Komando Pelaksana Operasi Korem (Dankolakopsrem) 172/PWY memberikan sambutan dalam acara panen tersebut. “Terimakasih kepada Satgas Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad yang telah berupaya membuat lahan ketahanan pangan yang luar biasa ini. Inilah bukti bahwa kami TNI yang berada di Papua ini bisa menjadi solusi, bukan justru menjadi ancaman bagi masyarakat sekalian.” Ucap Dankolakopsrem 172 kepada Seganap tamu dan masyarakat yang hadir.

“Di massa Pandemi Covid-19 ini juga kita harus menguatkan sektor ketahanan pangan karena satu-satunya sektor yang tidak resesi adalah sektor pertanian, sehingga kita dapat mencegah terjadinya krisis pangan dan dapat membantu mengatasi kesulitan masyarakat akibat pandemi Covid-19 yang yamg kunjung berakhir ini. Semoga walaupun saat ini baru 1 Hektar namun dapat menggugah masyarakat lainnya untuk bercocok tanam dan menyerap ilmu dari Satgas Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad ini.” Tambah Brigjen Izak.

Dari kegiatan Panen Raya itu, setidaknya dapat menghasilkan 2.100 buah semangka, 1.050 Melon dan 1.500 buah jagung manis. “Secara rinci akan kami bagikan hasil panen ini dari rumah ke rumah sekitar Kampung Skouw Sae, Skouw Mabo dan Skouw Yambe Distrik Muara Tami Kota Jayapura.” Ungkap Anggun dalam menjawab pertanyaan salah satu wartawan Jayapura tentang rencana pendistribusian hasil panen.

Turut hadir dalam acara tersebut Wadankolakopsrem 172/PWY Kolonel Inf Achamd Fauzi, Pasiter Kodim 1701/Jayapura Mayor Inf Edi Triwanto, Kepala Dinas Pertanian Kota Jayapura Bapak Jean Hendrik Rollo, Kepala Distrik Muara Tami Bapak Supriyanto, Kapolsek Muara Tami AKP Jubelina, Danramil Tami Lettu Inf Meraudje serta seluruh unsur tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat yang berada di ketiga Kampung tersebut.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.