Kapolda Sulut RZ Panca Putra Hadiri Pelatihan Pencegahan Pencucian Uang

Spread the love

Jurnalline.com, Sulut – Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Pusat menggelar pelatihan sinergitas stakeholder dalam pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang (money laundering), di Polda Sulut, Selasa (03/11/2020).

Langkah pelatihan ini dibuka langsung Sekertaris Utama Pusat PPATK Rinardi, disaksikan Kapolda Sulut Irjen Pol RZ Panca Putra, Wakapolda Sulut Brigjen Pol Rudi Darmoko, dan jajaran Reskrim, perwakilan Kejati dan lembaga penyedia jasa Perbankan di Sulut.

Juga secara virtual disaksikan oleh jajaran Polresta, jajaran Polres dengan menerapkan standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Kapolda Sulut RZ. Panca Putra menyampaikan penting kegiatan pelatihan tersebut untuk mewujudkan sinergitas stakeholder dalam pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang.

“Tindak pidana pencucian uang menjadi salah satu cara dan modus paling efektif untuk menyimpan uang oleh para pelaku kejahatan,” tukas Irjen Pol RZ Panca Putra.

Lanjutnya, RZ Panca Putra kalau ini dibiarkan dan tidak melakukan langkah-langkah efektif, maka bagaikan pungguk merindukan bulan dalam upaya pencegahan serta pemberantasan tindak pidana pencucian uang.

Oleh karenanya menurut mantan Direktur Penindakan KPK ini, sinergitas menjadi salah satu cara menangani tindak pidana pencucian uang ini.

“Sekarang Tidak lagi sendiri-sendiri, semua harus bergandengan tangan untuk menangani tindak pidana pencucian uang. Perlu kerja sama sinergitas antara kita dengan bantuan dari PPATK, Perbankan, kita bisa mengkompulir, minimal mengurangi kerugian negara yang muncul,” kunci Irjen Pol RZ Panca Putra.

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.