Tingkatkan Profesionalisme Tugas Teritorial, TNI AL Selenggarakan Kursus Puldata Potmar

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit dalam bidang tugas terirorial, TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Dinas Pembinaan Potensi Maritim Angkatan Laut (Dispotmar) menyelenggarakan Kursus Pengumpulan Data (Puldata) Potensi Maritim Tahun 2020 di Mako Dispotmar, Sunter Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (11/11).

Kursus yang akan dilaksanakan selama 15 hari, mulai tanggal 11 sampai dengan 25 November 2020 mendatang ini dibuka Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmar) Brigjen TNI (Mar) Nuri Andrianis Djatmika dan diikuti sebanyak 20 peserta strata Bintara dan PNS sederajat. Peserta kursus selain dari Jakarta, juga ada perwakilan dari Kodiklatal Surabaya, Lantamal X Jayapura dan Lantamal VI Makassar.

Kadispotmar dihadapan para peserta mengatakan bahwa Kursus Puldata Potmar ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan dengan melibatkan anggota Potmar dari Satkowil maupun Satnonkowil TNI AL. Tujuannya untuk mewujudkan komitmen pemimpin TNI AL dalam rangka meningkatkan profesionalisme para prajurit. Kegiatan ini sejalan dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang unggul.

Menurut Kadispotmar tantangan tugas di masa mendatang menuntut setiap prajurit untuk memiliki profesionalisme yang tinggi. Kursus Puldata Potmar ini merupakan tolak ukur dari kesiapan jajaran Potmar TNI AL dalam melaksanakan Binpotmar pada suatu wilayah atau territorial.

Beberapa materi yang akan diberikan diantaranya awareness data processing flow; konsep petunjuk penyelenggaraan data Potmar seperti demografi, kondisi social dan ketahanan pangan; data consolidation dan data standardize; basic data visualization; Data cleansing process; data feeding process dengan instruktur dari dalam maupun luar TNI AL.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Berita Dinas Penerangan Angkatan Laut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.