Operasi Mobud Prajurit Sabaddha Yudha dalam Latihan Pemantapan (Lattap) Yonif Raider 514 Kostrad

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Latihan Pemantapan satuan Batalyon Infanteri Raider 514 Kostrad yang diselenggarakan Brigif Raider 9 Kostrad, bertempat dilapangan grajagan yang berada di kawasan Kecamatan Purwaharjo, Banyuwangi, Jum’at (18/12).

301 Prajurit Yonif Raider 514 Kostrad dipimpin oleh Komandan Batalyon Infanteri Raider 514 Kostrad Letkol Inf Sumardi S.I.P melaksanakan salah satu materi pelajaran yang telah diprogramkan selama latihan pemantapan dengan Raider Yonif Raider 514 Kostrad dengan Kapten Inf Abdul Katrup selaku Koordinator latihan Mobud, Latihan Mobud menggunakan Helikopter jenis Bell.

Ops mobud ini terdiri dari beberapa fase yaitu fase persiapan, fase pemuatan, fase pemindahan udara, fase pendaratan dan sasaran. Karena beberapa operasi yang dapat dilaksanakan yaitu aksi penyergapan dan pengejaran yang tentunya tidak dapat dijangkau oleh pasukan melewati darat.

Latihan mobud tersebut bertujuan untuk mengenalkan mereka tentang tehnik turun dari Helikopter dengan perlengkapan, diantaranya repling, pasroping, free drop serta melatihkan prajurit untuk bergerak cepat, senyap dan tepat didalam pelaksanaan tugas infiltrasi ke daerah musuh. Karena Mobud sendiri wajib dikuasai oleh seluruh prajurit raider.

Dalam hal ini, para pelatih menekankan agar dalam latihan ini dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, perhatikan faktor keamanan dan keselamatan.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.