Desa Sukapura Realisasikan APBDes Tahun 2020 Untuk Pembangunan, Pemberdayaan Dan Penangulangan Covid 19

Spread the love

Jurnalline.com, Lampung Selatan – Pemerintah desa (Pemdes) Desa Sukapura telah realisasikan Anggaran pendapatan belanja Desa (APBDes) tahun 2020, di pergunakan untuk pembangunan Fisik, pemberdayaan dan Penangulangan covid 19. Selasa (26/01/2020).

Ketika di temui di kantor Desa Drs Ahmad Zahri selaku Pejabat Kepala desa menuturkan APBDes tahun 2020 di Realisasikan untuk Pembangunan Fisik, yang Pertama Pembangunan Rabat beton panjang 186 Meter dengan nilai Rp 111.894.000.00.
Pembangunan Talud panjang 780 meter, dengan nilai Rp 142.471.200

Melakukan penyemprotan fogging demam berdarah di tiap Dusun, karena pada saat itu ada warga Sukapura terjangkit demam berdarah, sehingga pemdes melakukan penyemprotan guna untuk mencegah meluasnya warga yang terjangkit.

” Untuk kegiatan pembangunan kami masih bisa laksanakan meskipun di pandemi covid- 19 melanda, seperti membangun rabat beton, Talud dan kami melakukan fogging” Ujar Zahri

Masih kata Zahri Dia menyampaikan untuk Pemberdayaan pelatihan siskudes di ikuti oleh operator yang khusus.
Untuk Realisasi honor guru ngaji , Orpasionl dan kegiatan karang taruna, kegiatan TP PKK, kegiatan posyandu, kegiatan rumah Desa sehat ( RDS ) untuk pencegahan stanting.
Selanjutnya operasional BPD, operasional LPM, RT dan Linmas.

” Selain fisik kami juga merealisasikan operasional dan honor untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat,” Ucap Zahri

Masih di tempat yang sama Sekertaris Desa ( Sekdes ) Sukapura Dwi Wahyu Mulya praja menurutkan untuk Penangulangan covid 19 di tahun 2020, mereka membentuk satgas covid-19, pembuatan posko, pembuatan bilik penyemprotan seterilisasi, 2 kali pembagian masker setiap jiwa , pengadaan Disinfektan, APD, alat pendeteksi suhu, pembelian tenk semprot, alat cuci tangan di tempat umum seperti masjid dan Balai Desa.

Pembayaran insentif satgas covid-19 , satgas di beri insentif Rp 200.000/ orang

Masih kata Wahyu untuk Pembagian Bantuan langsung tunai ( BLT ) Dana Desa sebanyak 147 KPM, di bulan April, Mei dan Juni 2020 masing-masing mendapat Rp 600.000/ bulan.
Sedangkan Untuk pembagian BLT di bulan Juli, Agustus, September, Oktober KPM masing masing mendapatkan Rp 300.000/ bulan.

” Untuk pembagian BLT di tahun 2020 kami gulirkan di bulan April sampai bulan Oktober sebanyak 147 KPM,” Ujar Usep

Wahyu berharap kepada seluruh masyarakat Desa Sukapura khususnya, untuk tetap menjaga kesehatan, menerapkan protokol kesehatan covid 19 sering mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, menghindari kerumunan .

” Saya berharap kepada masyarakat Sukapura untuk terus menerapkan prokes, menjaga imun tubuh supaya kuat melawan virus covid-19, mudah-mudahan masyarakat kami terhindar dari virus Corona,” Harap nya

Dia juga menghimbau kepada masyarakat agar memakai masker jika bepergian ke luar desa, karena pemdes sudah membagikan masker sebanyak dua kali Kepada masyarakat Sukapura masing-masing orang mendapatkan bagian masker tersebut, apa lagi di tengah desa ada pasar.

” Saya himbau juga kepala masyarakat untuk tetap menjalankan prokes, memakai masker, okelah kalau di dalam desa namun jika keluar tolong lah gunakan masker, kalau bukan kita yang menjaga kesehatan siapa lagi,” Tutup nya

Penulis : Samsul
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.