Pelaksanaan Vaksin Dosis Kedua, TNI AL Lanal Denpasar Diserbu Masyarakat Maritim Kota Denpasar

Spread the love

Jurnalline.com, Lantamal V –Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., didampingi Palaksa dan Perwira Staf Lanal Denpasar serta Ketua Cabang 10 Korcab V DJA II Ny. Citra I Komang Teguh Ardana memantau langsung pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Nasional Covid-19 tahap II yang dilaksanakan oleh TNI AL bekerja sama dengan KKP Pelabuhan Benoa Bali bertempat di Gedung BCT Pelabuhan Benoa Bali, Jumat (30/7/2021)

Kegiatan vaksinasi untuk masyarakat yang dipusatkan di Gedung BCT Pelabuhan Benoa tersebut ditargetkan memberikan dosis vaksin kurang lebih 500 dosis untuk masyarakat maritim dengan jenis Vaksin Sinovac.

Dalam penjelasannya Danlanal Denpasar yang diwakili oleh Palaksa Lanal Letkol laut (P) Agus Ali Hardono, S.E., M.Tr. Hanla menegaskan masyarakat memiliki peran penting dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 agar tidak menimbulkan sumber penularan baru pada tempat-tempat dimana terjadi pergerakan orang, terutama masyarakat maritim yang bekerja di sektor Pelabuhan dan sekitarnya yang rawan sekali tertular virus Covid-19, dikarenakan Pelabuhan adalah gerbang masuk dan lalu lintas angkutan laut dan nelayan.

“Peran masyarakat untuk dapat memutus mata rantai penularan Covid-19 dari risiko tertular dan menularkan harus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, dengan gerakan 6M,” tandasnya.

Terkait pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Nasional Covid-19 tahap ke-II ini, Danlanal Denpasar memberikan apresiasi kepada Instansi terkait lainnya yang sudah bahu mebahu mempersiapkan sarana dan prasarana untuk pelaksanaan vaksinasi terhadap masyarakat maritim, sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik. Sehingga masyarakat unsur maritim di wilayah Denpasar dan sekitarnya mendapatkan vaksin semua.

“Kepada masyarakat yang sudah divaksin, bukan berarti penerapan protokol kesehatan diabaikan, sebab hingga kini penyebaran Covid-19 di Bali dan Denpasar khususnya masih terjadi. Oleh karena itu tetap mengutamakan dan melaksanakan protokol kesehatan 6M,” pinta Ketua Palaksa

Serbuan Vaksinasi TNI AL serentak dosis ke II di gelar, yang mana serbuan vaksinasi Covid-19 tahap pertama sudah dilaksanakan oleh TNI AL Lanal Denpasar di wilayah Bali pada tanggal 2 dan 6 Juli 2021 serta tanggal 17 dan 18 Juli 2021 di Kota Denpasar dengan total yang telah divaksin sebanyak 2.100 orang dan pelaksanaan serbuan vaksinasi Covid-19 tahap ke II ini direncanakan dengan target 500 orang lebih.

TNI AL Lanal Denpasar bersama instansi pemerintah lainnya berkomitmen akan mengawal terus Pelaksanaaan serbuan vaksinasi Covid-19, yang intinya tidak lain untuk selalu bersama-sama perangi pencegahan penyebaran Covid-19 Khususnya di Kota Denpasar dan Bali pada umumnya. Dan TNI AL Lanal Denpasar siap mensukseskan program pemerintah dalam mengatasi pencegahan penyebaran Covid-19, ucap Danlanal.

Lebih lanjut Palaksa menyampaikan dalam pelaksanaan vaksinasi ini adalah salah satu program dari Pemerintah dan perintah langsung dari pimpinan TNI AL yaitu Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudho Margono, untuk membantu mempercepat dan memutus rantai penyebaran Covid-19. Serbuan vaksin ini, tentunya sebagai bagian dari upaya membentuk kekebalan kelompok (herd immunity), khususnya untuk masyarakat Kota Denpasar.

Dalam kegiatan vaksinasi ini TNI AL menerjunkan petugas Kesehatan dari Balai Kesehatan (BK) Lanal Denpasar yang dipimpin oleh Ka BK Kapten Laut (K/W) I Gusti Ayu Meilani beserta anggota BK dan berkolaborasi dengan Vaksinator yang lain dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Dinas Kesehatan Kota Denpasar, KKP kelas 1 Pelabuhan Benoa dan Tim Nakes dari Polresta Denpasar.

Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.