Satgas Yonif MR 412 Kostrad Berbagi Ide Pemanfaatan Kayu Bersama Masyarakat Pedalaman Papua

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah Lanny Jaya, Satgas Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad Pos Tiom melaksanakan pelatihan Bapa Bapa warga Kampung Konikme Distrik Tiom Lanny Jaya Kabupaten Lanny Jaya Papua untuk memanfaatkan potensi alam berupa kayu menjadi kerajinan rumah tangga yang bernilai ekonomis.

Hal tersebut disampaikan oleh Danpos Tiom Satgas Yonif MR 412 Kostrad Kapten Inf Firnando Sanjaya, S.T.Han dalam keterangan tertulisnya di Papua. Kamis (20/1/2022).

“Selain menjaga stabilitas keamanan yang menjadi tugas pokok kami di sini, kami juga ingin membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Papua khususnya yang berada di wilayah Lanny Jaya dengan memanfaatkan potensi atau sumber alam yang ada. Kali ini Pos tiom yang dipimpin oleh Letda Inf Abdul Rahim Harahap, S.Tr.Han telah memberikan bukti bahwa kayu yang merupakan potensi yang sangat tinggi di Papua dapat diolah menjadi kerajinan rumah tangga yang memiliki nilai ekonomi yang cukup baik, ” ungkap Danpos Tiom

Pada kesempatan yang sama, Danpos Tiom juga menyampaikan bahwa kami memberikan beberapa ide bagaimana bahan pokok kayu ini dapat diolah menjadi bingkai dudukan pot bunga yang indah. Tak kalah unik, beberapa ide kami latihkan bagaimana cara membuat rak sepatu dan lemari pakaian yang terlihat sederhana namun minimalis terlihat mewah, sehingga pakaian bisa disusun rapi di lemari,” ungkap Kapten Inf Firnando.

Lebih lanjut dikatakan bahwa masih banyak lagi kerajinan rumah tangga lainnya yang bisa kami berikan kepada warga. Karena kita ketahui bersama bahwa potensi kayu di Papua ini sangat baik dan bervariasi serta mudah untuk didapatkan, sehingga peluang usaha ini baik untuk dijadikan mata pencaharian baru bagi masyarakat Papua.

Sementara itu, Yakub Jawiluk kogoya salah satu tokoh masyarakat yang turut dalam kegiatan tersebut mengaku senang dan mendapatkan ide yang baik dalam mengolah kayu.

“Saya sangat senang karena kayu-kayu ini dapat dijadikan barang kerajinan rumah tangga yang sangat bermanfaat bagi masyarakat bahkan bisa dijual”, pungkas Yakub.

Alex
Editor : Ndre
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.