Yonarmed 13 Kostrad Lahirkan Prajurit Jago Tembak, Perang, Disiplin dan Bela Diri Untuk NKRI

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Batalyon Artileri Medan 13 Kostrad atau Yonarmed 13 Kostrad merupakan satuan Batalyon yang berada di bawah Resimen Artileri Medan 1 Sthira Yudha dibawah Komando Divisi Infanteri 1 Kostrad. Salah satu Alutsista yang dimiliki Yonarmed 13 Kostrad yaitu Meriam Kaliber 76mm/Tarik. Yon Armed 13 Nanggala Kostrad memiliki tugas pokok memberikan bantuan tembakan secara kontinu dan tepat pada waktunya kepada satuan yang dibantu dengan cara menghancurkan atau menetralisir (melumpuhkan) sasaran-sasaran yang mengganggu tercapainya tugas satuan yang dibantu tersebut.

Dalam hal kemampuan tempur, Prajurit Yonarmed 13 Kostrad sudah terkenal banyak mengharumkan nama satuan, Institusi serta bangsa dan Negara. Tercatat selama kurun waktu 5 tahun terakhir ini banyak para prajurit Yonarmed 13 Kostrad yang menorehkan tinta emas dalam ajang perlombaan menembak khususnya dalam kejuaraan menembak baik Piala Kasad dan Piala Panglima TNI.

Salah satu Prajurit Yonarmed 13 Nanggala Kostrad yang berprestasi adalah Praka I Wayan Puspa Diana, salah satu atlet tembak yang sudah menorehkan berbagai prestasi diantaranya Piala Kasad Tahun 2016, 2017 dan Piala Panglima TNI Tahun 2017.

Prestasi yang pernah diraih pada Piala Kasad Tahun 2016 yaitu memperoleh 3 perak kategori Perorangan dan 4 emas kategori beregu. Untuk Piala Kasad Tahun 2017 Praka I Wayan Puspa Diana meraih 1 Perak kategori beregu.

Sementarai itu dalam Piala Panglima TNI TA. 2017 yang dilaksanakan dilapangan tembak TNI Halim Perdana Kusuma, Praka I Wayan Puspa Diana juga meraih 4 emas kategori beregu dan 1 perunggu.

Danyon Armed 13 Kostrad Mayor Arm.Dwi Sutaryo,S.E., M.Han menyampaikan, lahirnya para prajurit berprestasi dari Armed 13 Kostrad ini tak lepas dari jasa – jasa para Komandan terdahulu yang berpegang teguh pada prinsip – prinsip dan tugas pokok TNI.

“Sosok prajurit itu harus disiplin, jago perang, jago tembak, jago beladiri dan memiliki fisik yang prima dan siap tempur dan siap ditugaskan diberbagai situasi dan kondisi untuk menjaga kedaulatan NKRI Harga Mati.

Mayor Arm Dwi Sutaryo,S.E., M.Han berharap prestasi yang pernah diraih ini mudah – mudahan dapat dipertahankan dan ditingkatkan, sehingga Yonarmed 13 Nanggala Kostrad tetap menjadi sosok prajurit Cakra sejati sepanjang masa.

Alex
Editor : Ndre
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.