Komandan STTAL ikuti Seminar Umum FTP Unhan RI

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL-STTAL Surabaya – Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL), Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., M.Tr.Opsla., mengikuti Seminar Umum Fakultas Teknologi Pertahanan (FTP) Universitas Pertahanan RI secara daring bertempat di Ruang Rapat Gd. Soewarso STTAL Bumimoro Krembangan Surabaya. Selasa (22/02/2022).

Seminar Umum dengan tema “Penerapan Sistem Akuisisi Pertahanan Dalam Rangka Optimalisasi Program Ofset Guna Percepatan Kemandirian Teknologi dan Industri Pertahanan” ini dibuka Dekan FTP Unhan RI Laksamana Muda TNI Dr. Kasih Prihantoro, S.E., M.M., M.Tr. (Han).

Seminar umum FTP Unhan RI menghadirkan narasumber diantaranya Staf Ahli KKIP Bidang Kerjasama Industri Pertahanan Makmur Keliat, Ph.D., dengan topik “Peran KKIP dalam Pelaksanaan Program Ofset Pertahanan” dan Gubernur Lemhannas Dr. Andi Widjajanto, S.Sos., M.Sc membahas topik “Prospek Reformasi Pengadaan Menjadi Akuisisi Pertahanan Dalam Membangun Kekuatan Pertahanan Negara”. Dengan dipandu moderator Dosen Tetap FTP Unhan RI Pasis Seskoau A-59 TP 2022 Mayor Tek Y.H. Yogaswara, Ph.D.

Dekan FTP Unhan RI, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kondisi dinamika lingkungan strategis saat ini membawa dampak yang cukup signifikan bagi segala bentuk aspek kehidupan. Dengan perkembangan teknologi yang terjadi saat ini, maka perubahan doktrin, perubahan sistem alat utama sistem persenjataan yang semakin hari semakin canggih menjadi suatu keniscayaan untuk mencapai keunggulan.

Lebih lanjut dijelaskan, sistem pembangunan kekuatan pertahanan indonesia ditantang untuk dapat menyesuaikan perkembangan strategis dan era sistem kompleks. Penyesuaian tersebut adalah proses perubahan dari pengadaan yang masih konvensional menjadi akuisisi yang sistemik dan holistik.

“Tujuan dari seminar umum FTP Unhan RI agar dapat memberikan sumbangan pemikiran kepada para pemangku kebijakan diantaranya Kementerian Pertahanan dan Lembaga yang terkait”, jelasnya.

Turut Hadir dalam Seminar Umum FTP Unhan RI beberapa pejabat Unhan RI, Kemhan RI serta seluruh mahasiswa FTP Unhan RI.

Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.