Pangdivif 1 Kostrad Kunjungi Latihan Pratugas Yonif Raider 321 Kostrad

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 1 Kostrad Mayjen TNI Dedy Kusmayadi meninjau latihan Taktis Yonif Raider 321/Galuh Taruna Kostrad, bertempat di daerah latihan Langkap Lancar, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. Kamis (17/02/2022).

Kunjungan ini bertujuan untuk mengecek secara langsung kesiapan dan kesiapsiagaan prajurit Yonif Raider 321/GT Kostrad yang akan mengemban tugas operasi Satgas Pamtas Mobile di wilayah Papua.

Kegiatan latihan Taktis Yonif Raider 321/GT ini merupakan latihan yang mengacu kepada persiapan Pratugas Satgas di Ops Tempur, Ops Teritorial dan Ops Intelijen yang dilaksanakan selama 14 hari dimulai tanggal 07 sampai dengan 20 Februari 2022, yang diikuti oleh 450 Prajurit Yonif Raider 321 Kostrad.

Pangdivif 1 Kostrad didampingi Asops Kasdivif 1 Kostrad Kolonel Inf Mulliadi, S.H. dan Danbrigif Raider 13 Kostrad Kolonel Inf Herry Purwanto S.Sos mengunjungi pos – pos latihan yang tersebar di daerah latihan, kemudian menerima paparan dari Danyonif Raider 321 Kostrad Letkol Inf Octavian Englana, tentang situasi wilayah Pos jajarannya di Kotis Yonif Raider 321 Kostrad.

Selanjutnya Pangdivif 1 Kostrad memberikan pengarahan kepada Danyonif dan Para Perwira serta anggota pos Kotis Satgas Yonif Raider 321 Kostrad.

Dalam pengarahannya Pangdivif 1 Kostrad menekankan pentingnya tugas teritorial dalam merebut hati rakyat di wilayah tanggung jawabnya nanti.

“Tugas yang dilaksanakan bukanlah tugas tempur atau operasi tempur, tetapi tugas lain yang kaitannya dengan fungsi TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) seperti bidang teritorial dan Komunikasi sosial, diantaranya kita melihat aspek geografi, penduduk dan komunikasi sosialnya, sehingga dapat meningkatkan hubungan TNI dengan berbagai kelompok masyarakat dan menumbuhkan rasa saling pengertian dan kebersamaan menjaga kedaulatan NKRI,” katanya.

” Saya berharap melalui latihan ini setiap prajurit dapat meningkatkan kemampuan bertempur dan intelijen untuk menunjang pelaksanaan tugas di daerah operasi sebenarnya dalam menghadapi Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP),” tambah Pangdivif 1 Kostrad.

Selain melaksanakan kunjungan ke pos – pos, Pangdivif 1 Kostrad juga melaksanakan Bakti Sosial berupa pembagian sembako kepada masyarakat yang kurang mampu di sekitar daerah latihan.

Alex
Editor : Ndre
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.