Pesud Skuadron 800 Wing Udara 1 Puspenerbal Jaga Kedaulatan NKRI

Spread the love

Jurnalline.com, Sidoarjo Puspenerbal – Salah satu tugas pokok Wing Udara 1 Puspenerbal dalam hal ini Skuadron 800 mengemban tugas sebagai pengamatan laut dimana dengan unsurnya melaksanakan patroli di sektor selat Malaka dan selat Singapura, kegiatan ini rutin dilaksanakan untuk mencegah terjadinya kegiatan illegal, tindak pidana atau pelanggaran yang tidak berizin memasuki wilayah indonesia.

Pesud Casa NC 212-200 MPA P-8203 adalah salah satu unsur yang dimiliki Skuadron 800 Wing Udara 1 dibawah kendali Guskamla Koarmada I yang tergabung dengan Unsur-unsur laut.

Pesud P-8203 di bawah pimpinan Kapten Laut (P) Musmuliadi beserta 5 orang crew. Selama patroli Pesud Casa NC 212-200 MPA P-8203 melaksanakan Patudmar dan kerjasama taktis dengan KRI, selain itu, juga melaksanakan latihan AJP dengan KRI yg sedang bertugas di daerah tersebut.

Kegiatan patroli rutin ini merupakan tugas pokok Puspenerbal yaitu “Penerbangan TNI AL merupakan komponen SSAT yang menjadi kepanjangan mata dan tangan dari KRI yakni dengan memanfaatkan aspek kecepatan, manuver, serta efek pendadakan yang efektif”.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.