Yonif Raider 509 Kostrad Sambut Malam Nuzulul Quran

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Yonif Raider 509 Kostrad sambut malam Nuzulul Quran yang diikuti oleh seluruh prajurit dan persit yang beragama muslim bertempat di Masjid Al-Hikmah Yonif Raider 509 Kostrad Jember. Selasa (19/04/2022).

Nuzulul Qur’an adalah peristiwa yang amat penting dalam sejarah peradaban Islam terjadi di bulan suci Ramadan. Nuzulul Qur’an adalah peristiwa turunnya Al-qur’an kepada Nabi Muhammad Rasulullah SAW pada malam ke-17 di bulan Ramadan. Puasa Tahun 1443 H/2022 sesuai perhitungan kalender Masehi Nuzulul Qur’an atau malam Nuzulul Qur’an atau malam 17 Ramadan 1443 H yang jatuh pada tanggal 19 April 2022.

Pada kegiatan ini dihadiri oleh penceramah Kh. Badrus Sodiq, beliau mengatakan jika peristiwa, Nuzulul Qur’an erat hubungannya dengan Lailatul Qadar, yaitu malam penuh kemuliaan dan berkah pada bulan Ramadan. Nuzulul Qur’an adalah peristiwa turunnya Al-Quran sebagai wahyu kepada Nabi Muhammad SAW. Pertama kali turunnya wahyu Al-Qur’an kepada Rasulullah SAW saat beliau tengah berada di Goa Hira, Surat Al Alaq (ayat 1-5). Lalu, Allah SWT kembali menurun wahyu tiga tahun setelahnya melalui Surat An Nashr”, ungkap Kh. Badrus Sodiq.

Wadanyonif Raider 509 Kostrad Mayor Inf Rhetorica Tiertha.A., S.I.P menyampaiakan, bahwa keutamaan Nuzulul Qur’an untuk memperoleh keberkahan dari Allah SWT, mengharapkan ampunan segala dosa serta mendapat pahala berlipat-lipat. Untuk mendapat keberkahan, ampunan dan pahala ada amalan yang diamalkan pada malam Nuzulul Qur’an sebagai wujud peringatan atas peristiwa maha agung dan mulia tersebut.

“Memperbanyak shalat malam adalah amalan baik yang diamalkan pada malam nuzul Qur’an, selanjutnya memperbanyak do’a sesuai hajat adalah juga bagian dari amalan pada malam nuzul Qur’an,” tutup Mayor Inf Rhetorica Tiertha.A., S.I.P.

Alex
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.