Ukur Kemampuan Fisik Prajurit, Batalyon Mandala Yudha Kostrad Gelar Garjas Periodik

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Seluruh Prajurit Batalyon Mandala Yudha Kostrad, melaksanakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik I tahun 2022. Garjas Periodik ini merupakan program rutin dari Komando Atas, tujuan untuk mengecek dan meningkatkan kemampuan fisik para prajurit agar dapat menjalankan tugas pokoknya dapat berjalan dengan lancar dan maksimal, Banten. Selasa (24/05/2022).

Pelaksanaan Garjas ini meliputi Samapta A yakni lari 12 Menit yang dilaksanakan di Dodiklatpur III/SLW, Samapta B yaitu Pull Up, Sit Up, Push Up selama 1 menit, Lunges dan Shuttle Run serta ketangkasan renang militer 50 meter.

Sebelum pelaksanaan Garjas Periodik prajurit yang mengikuti Garjas terlebih dahulu dicek tensi dan kesehatannya oleh Tim Kesehatan dari Batalyon Mandala Yudha Kostrad, pengisian blangko Samapta yang dilanjutkan dengan senam peregangan dan pemanasan.

Komandan Batalyon Mandala Yudha Kostrad Letkol Inf Syafruddin mengatakan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan, membina kemampuan fisik serta mengukur kemampuan para personel dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI AD terutama Prajurit Batalyon Mandala Yudha Kemudian Tes Garjas ini merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap prajurit TNI AD, khususnya prajurit Yon Mandala Yudha. Hal ini juga sangat menunjang bagi prajurit yang akan melaksanakan Usul Kenaikan Pangkat (UKP).

“Selain itu, Garjas ini juga sebagai kelengkapan adminitrasi mengikuti pendidikan dalam alih golongan, serta program lainnya. Sehingga, apabila ada waktu kegiatan pembinaan fisik harus dilatihkan secara teratur dan berjenjang,” ujar Kasipers Yon Mandala Yudha Kostrad Mayor Inf Bayu.

Dia juga menekankan bagi seluruh personel yang akan melaksanakan tes kesegaran jasmani, agar melaksanakannya dengan serius dan tetap memperhatikan faktor keamanan, jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri.

Alex
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.