Pembekalan Hukum dari Babinkum TNI Kepada Prajurit Yonarmed 1 Kostrad

Spread the love

Jurnalline com, Jakarta – Prajurit Yonarmed 1 Kostrad menerima Pembekalan Hukum oleh Babinkum TNI tentang aturan pelibatan/Rules Of Engagement (ROE) yang disampaikan oleh Babinkum TNI Letnan Kolonel CHK Ahmad Fadillah, S.H., M.Hum., bertempat di Garasi Baterai Zeva Yonarmed 1 Kostrad. Malang, Jawa Timur. Rabu (15/6/2022).

Dalam penyuluhannya, Letnan Kolonel CHK Ahmad Fadillah, S.H., M.Hum., memberikan penjelasan kepada Prajurit agar mengerti dan memahami apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan dalam melaksanakan tugas operasi di wilayah Maluku, sehingga mereka dapat melaksanakan tugas secara proporsional dan profesional.

Selain itu, karena dalam melaksanakan tugas sehari-hari mereka akan lebih sering berinteraksi dengan masyarakat, Babinkum TNI Letkol Chk Ahmad Fadillah juga menekankan agar lebih mengutamakan pendekatan secara persuasif dengan tidak menghilangkan unsur ketegasan dalam mengatasi setiap permasalahan yang terjadi di lapangan.

Manfaat ROE adalah memudahkan Komandan dalam memonitor kepatuhan prajurit terhadap pelaksanaan perintah atau instruksi yang telah diberikan serta menghilangkan keragu-raguan prajurit dalam melaksanakan tugasnya di lapangan. ROE ini bertujuan untuk memberikan legitimasi terhadap Operasi serta memberikan akuntabilitas publik atas pelaksanaan tugas di bidang pertahanan negara dan sebagai pedoman yang harus dimengerti, diingat dan dilaksanakan oleh seluruh Prajurit.

Danyon Armed 1 Kostrad Letkol Arm Arief Budiman, S.Sos., M.M., mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif karena sangat membantu para Prajurit yang akan melaksanakan Satgas Satuan Organik di Wilayah Maluku sebagai pedoman dalam mengambil langkah serta menjadi semangat dan moril prajurit dalam bertugas.

Alex
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.