Bakti Kampung Keluarga Berkualitas Didesa Tumaratas Dua Upaya Cegah Stunting

Spread the love

Jurnalline.com, MINAHASA – Bertempat di Gedung Olah Raga desa Tumaratas Dua kecamatan Langowan Barat kabupaten Minahasa Jumat, (8/7/2022) Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa Dra. Ny. Fenny Roring Lumanauw, pada kegiatan memaparkan terkait Upaya Pencegahan Stunting di Kabupaten Minahasa.

Kegiatan dihadiri Sekda Frits Muntu, S.Sos. Kepala Dinas PPKB, Camat Langowan Barat, Kapolsek, Danramil, Kepala Puskesmas, Jajaran Hukum Tua, Tim Pendamping Keluarga di program Stunting, Kader Keluarga Berkualitas, BPKBD, HubPKBD, Kelompok kegiatan Kampung KB, Bina Keluarga Balita, Remaja juga Lansia.

Diawali dengan Laporan oleh Camat Langowan Barat Sisca Maseo, dilanjutkan Sambutan Bupati Royke O.Roring, dan Wakil Bupati Robby Dondokambey, disampaikan Sekda Selanjutnya Pemaparan dan Materi Penyuluhan Program Keluarga Berkualitas dan Upaya Pencegahan Stunting langsung oleh Ny. Fenny Roring Lumanauw.

Sekda Frits Muntu dalam sambutannya, menyampaikan puji syukur kepada TuhanYang Meha Esa, acara sosialisasi ini bisa dilaksanakan.

“Saya berharap para Hukumtua dan masyarakat bisa saling mendorong terkait permasalahan stunting, hal ini sangat penting karena keluarga yang memiliki generasi berkwalitas terpenuhinya Gizi wujud kemajuan di Minahasa,” ujar Muntu.

Sementara itu KetuaTim Penggerak PKK Ny.Fenny Roring Lumanauw, mengatakan bahwa Pencegahan stunting ini merupakan program nasional yang harus didukung bersama.

“Agar generasi penerus kita status gizinya meningkat, tentunya akan berdampak pada kwalitas sumber daya manusia. Karenanya baik Pemerintah Kecamatan dan desa, bersama memberikan perhatian khusus terhadap generasi muda penerus menjadi manusia-manusia yang berdaya saing tinggi.” Tukas Ny.Fenny

Lanjutnya ada beberapa faktor terjadinya Stunting, dan harus kita cegah sambil terus melakukan sosialisasi dan Penyuluhan kepada Masyarakat terkait kondisi ibu hamil dan faktor lainnya.

“Berharap bersama sama melakukan pendampingan, Pemahaman kepada masyarakat menjadi tugas bersama dalam menekan angka stunting yang saat ini Minahasa persentasenya berada di 17persen.” Imbuh Ny.Femny yang juga Ketua W/KI sinode GMIM ini.

Ny.Fenny menambahkan ada empat faktor yang perlu disikapi terkait penurunan Stunting diantaranya ; pemahaman Kawin diusia Muda, Kawin di usia Tua, Banyak anak, dan faktor lainnya .

Kegiatan diakhiri dengan
Bakti Kampung Keluarga Berkualitas Didesa Tumaratas Dua Langowan Barat

Senada disampaikan Hukum Tua terpilih desa Tumaratas dua Rocky F.Woran, SE. dilaksanakannya kegiatan ini berharap program – program nyata dapat terwujud dan langsung kepada masyarakat sesuai dengan harapan terlebih upaya pencegahan stunting dapat tercapai menjadi Keluarga Berkualitas sebab desa Tumaratas dua ini merupakan Kampung KB.

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.