Yonif Raider 323 Kostrad Gelar Latihan Menembak Runduk

Spread the love

Jurnalline com, Jakarta – Yonif Raider 323 Kostrad menggelar latihan menembak runduk (Bakduk) yang dilaksanakan di daerah latihan Dayeluhur Kompleks, Kota Banjar.

Hal tersebut disampaikan Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) Raider 323 Kostrad, Letkol Inf Triyono Hadiyanro S. Sos, dalam rilis tertulisnya di Banuar, Jawa Barat. Kamis (7/07/2022).

 

Latihan menembak Sniper atau dalam bahasa militer Indonesia dikenal dengan istilah penembak runduk, adalah seorang prajurit yang secara khusus terlatih dan memiliki kemampuan untuk membunuh secara tersembunyi pada jarak yang jauh menggunakan senjata panjang spesialis jarak jauh.

Kegiatan latihan ini dipimipin langsung oleh Danyonif Raider 323 Kostrad Letkol Inf Triyono Hadiyanro S. Sos, latihan berlangsung dimulai pada pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai yang diikuti oleh prajurit kelompok penembak runduk.

“Dalam pelaksanaan latihan ini telah direncanakan sedemikian rupa sehingga sasaran latihan ini dapat meningkatkan kemampuan para prajurit bagi para penembak runduk,” kata Letkol Inf Triyono Hadiyanro, S.Sos.

“Dalam pertempuran, penembak runduk memegang peran penting untuk bisa melumpuhkan lawan dari jarak jauh. Biasanya para penembak runduk ini juga menjalankan penugasan khusus seperti pengamanan VIP dan VVIP,” tandas beliau.

Pada latihan ini para pelaku dilatihkan cara membuat samaran, observasi medan serta bagaimana mengeksekusi sasaran. Latihan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagaimana membuat samaran yang baik sehingga tidak terdeteksi oleh pengelihatan musuh saat melaksanakan tugas observasi medan dan sasaran serta melumpuhkan musuh bila diperlukan.

Setelah menerima materi latihan dari pelatih, para peserta latihan menembak runduk diberikan kesempatan untuk mencoba dan mempraktekkan teknik maupun taktik sebagai penembak runduk.

Alex
Sumber : Penkostrad.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.