Pupuk Jiwa Korsa, Pekan Integrasi Siswa Satdik Kodiklatal Resmi Dibuka

Spread the love

Jurnalline.com, Kodiklatal. Surabaya – Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) menyelenggarakan Pekan Integrasi Siswa bagi Siswa Satdik jajaran Kodiklatal yang pembukaannya secara resmi oleh Wakil Komandan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi mewakili Dankodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono bertempat di Lapangan Laut Maluku, Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Kamis (11/8),
Pekan Integrasi Siswa di Mako Kodiklatal ini diikuti seluruh siswa dari Satdik-1 yang bermarkas di Tanjung Uban, Satdik-2 yang bermarkas di Makassar dsan Satdik-3 yang bertempat di Sorong serta Puslatdiksarmil Juanda.

Dankodiklatal dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Wadan Kodiklatal mengatakan bahwa Pekan Integrasi Siswa yang akan dilaksanakan sampai dengan tanggal 17 Agustus 2022 bertujuan untuk menjalin komunikasi dan memelihara tali silaturahmi diantara siswa Dikmaba dan Dikmata angkatan ke-42 TA 2022 Kodiklatal, serta sebagai upaya untuk mewujudkan soliditas dan integrasi yang kuat diantara siswa bahwa mereka adalah satu angkatan.

“ Walaupun tempat pendidikannya berbeda, ini akan memberikan kebanggaan dan menumbuhkan semangat jiwa korsa, rasa senasib sepenanggungan serta solidaritas bagi para siswa Dikmaba dan Dikmata angkatan ke-42 T.A. 2022 di lingkungan Kodiklatal, “ ujar Laksda Rachmad Jayadi mengutip amanat Dankodiklatal.

Dalam pekan integrasi kali ini tercatat ada 1099 siswa yang terdiri dari Satdik-1 sebanyak 249 siswa, Satdik-2 sebanyak 250 siswa, dan Satdik-3 sebanyak 250 siswa serta Puslatdiksarmil sebanyak 350 siswa. Para siswa ini merupakan program Dikmaba dan Dikmata TNI AL Angkatan 42 Tahun 2022.

Selama sepekan para siswa akan mengikuti banyak kegiatan sebagai upaya untuk menambah pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh sebelumnya. Kegiatan tersebut diantaranya, orientasi ke Koarmada II sebagai pangkalan TNI AL terbesardi Indonesia yang berada di bawah Koarmada RI beserta satuan dan unsur jajarannya, dan juga kalian akan melaksanakan orientasi ke kodik-kodik, puslatdiksarmil dan pusdik-pusdik di jajaran Kodiklatal.

Selanjutnya, sebagai sarana rekreasi siswa selama di Kodiklatal, mereka juga akan mengikuti kegiatan olahraga bersama dengan siswa Dikmaba dan Dikmata Angkatan ke-42 gelombang satu Puslatdiksarmil, Lomba SKJ 88, Lomba yel-yel dan Panggung prajurit di Plaza Kodiklatal. Selain itu, para siswa akan melaksanakan pesiar terpimpin keliling Kota Surabaya untuk mengenalkan tempat-tempat wisata dan bersejarah di Kota Pahlawan ini, seperti Monumen Tugu Pahlawan dan Jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura.

Dan dalam rangka meningkatkan kompetensi sebagai bekal setelah mengikuti pendidikan, para siswa juga akan melaksanakan kegiatan lattek sesuai kejuruan masing-masing di Puslatlekdalsen, Puspeknubika dan Pusdiktek.

“Manfaatkan waktu pekan integrasi ini untuk saling mengenal dengan sesama siswa di lingkungan Kodiklatal. Jalin kerja sama, pupuk jiwa korsa, rasa senasib sepenanggungan serta bangun solidaritas dan kebersamaan antar siswa,” tegas Wadan Kodiklatal.

Fram
Sumber : Dinas Penerangan Kodiklatal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE