Replanishment At Sea, Tingkatkan Endurance KRI

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Bersama dengan KRI Malahayati-362, KRI Banda Aceh-593 melaksanakan latihan pembekalan di laut atau Replanishment at Sea (RAS) di perairan Laut Jawa beberapa waktu lalu. Replacement at Sea Approach adalah proses transfer dukungan logistik dari satu kapal ke kapal lainnya saat berlayar atau tanpa harus masuk pangkalan. Dukungan yang diberikan pada umumnya berupa bahan bakar, ditransfer dari kapal tanker kepada kapal lain yang melaksanakan operasi. Pembekalan di laut dilakukan bila sebuah kapal perang terlibat misi atau operasi jarak jauh yang menghendaki KRI untuk berlayar terus menerus tanpa henti agar target waktu yang ditentukan dapat dipenuhi sehingga keberhasilan suatu tugas operasi dapat tercapai.

Komandan KRI Banda Aceh-593 Letkol Laut (P) Edi Herdiana menyampaikan bahwa kegiatan latihan ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit KRI BAC-593 dalam melaksanakan pembekalan di laut serta meningkatkan kemampuan untuk kerja sama dan koordinasi antar prajurit pengawak KRI dalam menjalankan suatu operasi bersama. Sebelum latihan dilakukan, terlebih dahulu para prajurit mendapatkan penyegaran tentang teori Replanishment at Sea, pengenalan peralatan dan prosedur RAS serta drill kesiapsiagaan prajurit dalam menempati pos tempur guna melaksanakan pembekalan di laut.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Agus Hariadi menyampaikan bahwa kegiatan latihan seperti ini sangat diperlukan dalam satu satuan tugas seperti operasi dukungan angkutan laut militer guna mempertahankan endurance KRI agar target waktu untuk tiba di daerah operasi bisa ditepati. “Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono telah memprioritaskan pembangunan sumber daya manusia TNI Angkatan Laut sebagai program prioritas dalam pembangunan dan perkembangan TNI AL. Dan latihan secara berkala dan berlanjut adalah implementasinya,” ungkap Panglima Kolinlamil.

Fram
Sumber : Dispen Kolinlamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.