Yonif Raider 509 Kostrad Sambut Tahun Baru Islam

Spread the love

Jurnalline com, Jakarta – Yonif Raider 509 Kostrad menggelar peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah di Masjid Al-Hikmah Mayonif Raider 509 Balawara Yudha Kostrad.

Hal tersebut disampaikan Komandan Yonif Raider 509 Kostrad Mayor Inf Hulisda Melala dalam rilis tertulisnya di Markas Yonif Raider 509 Kostrad. Kecamatan Sumber Sari, Kabupaten Jember. Senin (01/08/2022).

Acara dibuka oleh Danyonif Raider 509 Kostrad Mayor Inf Hulisda Melala dan dihadiri Perwira staf, Danki dan seluruh Prajurit serta persit Yonif Raider 509 Kostrad. Kegiatan peringatan tahun baru Islam kali ini juga diisi dengan tausiyah keagamaan oleh penceramah Ustad Fadholi.

Tahun Baru Hijriah atau Tahun Baru Islam merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati hijrah Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Peristiwa bersejarah itu terjadi pada 1 Muharam tahun baru bagi Kalender Hijriah. Namun, Tahun Hijrah Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah itu diambil sebagai awal perhitungan bagi Kalender Hijriah.

Dalam sambutannya Danyonif Raider 509 Kostrad Mayor Inf Hulisda Melala menyampaikan bahwa Makna tahun baru Islam adalah sebagai momen introspeksi diri atau muhasabah. Dengan memasuki tahun baru Islam atau Hijriah, kita akan memasuki 1 Muharram yang berarti sudah meninggalkan tahun yang sudah berlalu dan memasuki tahun yang baru.

“Kedatangan tahun baru Hijriyah sudah di depan mata. Mari siapkan amalan terbaik untuk menyambutnya. Buanglah kebiasaan buruk yang pernah dilakukan di tahun sebelumnya” tutup Mayor Inf Hulisda Melala.

Alex
Sumber : Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.