Kontingen Taruna AAL Ikuti Penutupan Piktar XXVI 2022

Spread the love

Jurnalline.com, AAL, Magelang – Kontingen Taruna AAL yang tegabung dalam kegiatan Pekan Integrasi dan Kejuangan Taruna (Piktar) Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian tahun 2022 mengikuti upacara penutupan Piktar XXVI/2022 yang dipimpin Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (15/9).

Hadir pada upacara penutupan tersebut pejabat Mako Akademi TNI, Gubernur Akademi Angkatan, Seklem AAL Laksma TNI Ni Ketut Prabhawati yang mewakili Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Denih Hendrata, Wagub Akpol serta undangan lainnya.

Kegiatan Piktar ke-26 tahun 2022 ini berlangsung selama 4 hari, mulai tanggal 12 hingga 15 September 2022 dengan melibatkan sebanyak 408 personel Taruna yang mempertandingkan 7 cabang olahraga yaitu menembak pistol dan senapan, atletik, renang, bola volly, bulu tangkis dan tenis lapangan.

Dari hasil pertandingan di tujuh Cabor tersebut, Peringkat I diraih oleh Kontingen Macan dengan perolehan medali 4 Emas, 2 Perak, Peringkat II diraih oleh Kontingen Kijang dengan perolehan medali 3 Emas, 2 Perak dan 1 Perunggu, Peringkat III diraih oleh Kontingen Elang dengan perolehan medali 2 Emas, 4 Perak dan 1 Perunggu dan Peringkat IV diraih oleh Kontingen Hiu dengan perolehan medali 1 Emas, 2 Perak dan 8 Perunggu.

Dengan demikian pada kegiatan Piktar ke-26 tahun 2022 sebagai Juara Umum dan mendapat Piala Bergilir Komandan Jenderal Akademi TNI adalah Kontingen Macan.

Dalam amanatnya, Danjen Akademi TNI mengatakan bahwa tujuan utama dari Piktar bukan hanya semata-mata mencari prestasi tetapi lebih mengedepankan “Together We Can”, untuk mewujudkan rasa kebersamaan, kekeluargaan, senasib sepenanggungan sehingga akan terbentuk soliditas dan jiwa korsa yang kuat, sesuai tema Piktar yang diusung yakni “Kejuangan Tangguh, Integrasi Solid”.

“Saya mengucapkan selamat dan sukses serta kebanggaan atas prestasi kepada Kontingen Macan sebagai Juara Umum, begitu juga kepada para atlet Taruna yang berhasil menorehkan prestasi yang maksimal dalam kegiatan Piktar tahun ini”, ungkap Danjen Akademi TNI.

Untuk atlet Taruna yang belum berhasil, “Hendaknya tidak berkecil hati, jadikan kegiatan ini sebagai pengalaman yang berharga sekaligus sebagai motivasi untuk meningkatkan semangat belajar dan berlatih dengan optimal, agar bisa berhasil pada Piktar yang akan datang lanjutnya.

Sesuai dalam kalender kegiatan integratif Taruna Akademi TNI dan Akpol, kegiatan Piktar dilaksanakan setiap 2 tahun sekali. Dengan harapan melalui kegiatan Piktar ini dapat menumbuhkembangkan semangat kebersamaan, persaudaraan dan kekeluargaan serta jiwa korsa (Espirit De Corps) yang tinggi antar Taruna Akademi TNI dan Taruna Akpol yang nantinya akan berguna sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas di masa yang akan datang.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.