Kasdivif 2 Kostrad Hadiri Peringatan Hari Santri Nasional di Kantor Balai Kota Malang

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Kepala Staf Divisi Infanteri 2 Kostrad, Brigadir Jenderal TNI Primadi Saiful Sulun, S.Sos., M.Si., mengadiri kegiatan Upacara Peringatan Hari Santri Nasional yang bertempat di Halaman Balaikota Malang Jl. Tugu No.1 Kec. Klojen Kota Malang. Dalam upacara tersebut bertindak sebagai Irup Walikota Malang, Drs. Sutiaji dan bertindak sebagai Danup Kepala Sekretariat Daerah Kota Malang, Drs. Achmad Mabrur. Upacara tersebut diikuti sekitar 400 orang dari berbagai pondok pesantren wilayah Malang. Senin (24/10/2022).

Dalam amanat Menteri Agama RI yang dibacakan oleh Walikota Malang Drs. Sutiaji dijelaskan, bahwa kegiatan Upacara Peringatan Hari Santri Nasional pada tahun 2022 ini mengangjat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”.

Maksud tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendharmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

Selain itu, Drs. Sutiaji juga mengungkapkan sedikit sejarah ketika Indonesia masih dijajah, para santri juga turut serta turun ke medan laga dan berperang melawan penjajah menggunakan senjata bambu runcing.

“Peringatan Hari Santri Nasional merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya pada tanggal 22 Oktober dengan tujuan untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para ulama yang merupakan pengakuan resmi pemerintah Republik Indonesia atas peran besar umat Islam dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta menjaga NKRI,” ujar Kasdivif 2 Kostrad.

Fram
Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.