“Kerja Sebelum Lulus”, 159 Siswa SMK KAL-1 Ikuti Purnawiyata 2022

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya – Purnawiyata merupakan simbul dari berakhirnya pendidikan bagi siswa-siswi dari sebuah sekolah, Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut SMK KAL-1 di tengah-tengah HUT nya yang Ke – 61 , berdiri pada 01 Nopember 1961 hingga saat ini telah meluluskan ribuan siswa dari Angkatan I hingga Angkatan LXI . Wisuda Purnawiyata Tahun Ajaran 2021/2022 baru dilaksanakan bertepatan dengan HUT SMK KAL-1 (01/11/22) di Gedung Gita Tamtama Surabaya Jalan Genteng Kali N0. 97-99 Surabaya.

Prosesi Purnawiyara di awali masuknya Bendera Sangsaka Merah Putih dan Pataka Yayasan Hang Tuah yang di kawal oleh Paskibra SMK KAL-1 ( PASKAL-1) yang di ikuti oleh Kasatdik SMK KAL-1 Munawar, S.Pd, Waka Kurikulum Drs. Agung Ambar S., M.M, Waka Sarpras Karno SB, S.Pd., M.Pd dan Waka Kesiswaan Ria Banowati, S.T, para Kaprodi dari Kaprodi Teknik Pemesinan (TPM), Kaprodi Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Kaprodi Teknik Audio Video dan Kaprodi Teknik Instalasi Tenaga Listrik ( TITL), sedangkan untuk Kaprodi Teknik Logistik memang belum ikut dalam gerbong ini karena siswanya balum ada yang lulus, saat ini baru ada siswanya di kelas XI .

Kemudian sesaat seluruh peserta Purnawiyata yang hadir, Guru, karyawan serta undangan VVIP menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan menyanyikan lagu Mars Hang Tuah. Kemudian tampilan tari remo oleh 4 siswa SMK KAl-1.

Waka Kurikulum Drs. Agung Ambar S., M.M yang baru saja berada di SMK KAL-1 seminggu lalu langsung mengawali pelaporan kondisi kelulusan siswa yang pada hari ini melaksanakan Purnawiyata, dari jumlah 160 , tercatat hanya 1 siswa saja yang tidak lulus. Sehingga siswa yang melaksanakan Purnawiyata berjumlah.159 dengan rincian Siswa jurusan TPM 46 siswa , TKR 71 siswa, TITL siswa 25 dan TAV 17 siswa .

Sementara itu Kasatdik SMK KAL-1 Munawar , S.Pd dihadapan Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP menyampaikan bahwa seluruh peserta Purnawiyata merupakan lulusan tahun ajaran 2021/2022 yang dalam proses pembelajaran mengalami beberapa kendala, khususnya dalam menghadapi menjalarnya virus covid-19, mereka harus bekerja extra keras dalam belajar , harus melewati pembelajaran online maupun tatap muka yang bisa dihitung dengan jari sesuai dengan perkembangan covid-19 di kota Surabaya yang selalu naik turun.

Dengan kerja keras seluruh manajemen sekolah, siswa dan orang tua siswa pada akhirnya mereka bisa tuntas menyelesaikan sekolah denga predikat lulus. Kelulusan yang di raih ini tentunya merupakann titik awal untuk start dalam perjuangan ke depan yang penuh dengan tantangan, meneruskan kuliah, terjun ke dunia usaha/ dunia industri, membutuhkan life skill / kompetensi yang telah di dapat selama di SMK KAL-1 “ YOU CAN BE THE WINNER OR THIS COMPETITION” Hal ini dapat dibuktikan bahwa siswa yang pada pagi ini melaksanakan Purnawiyata , ada beberapa teman mereka yang saat kelas XI sudah di terima bekerja pada beberapa Perusahaan, dan ini yang akan menjadi tantangan bagi seuruh otoritas pendidikan di SMK KAL-1, sehingga di tahun-tahun yang akan datang lulusan SMK KAL-1 akan dapat mengisi / menjadi tenaga kerja di perusahaan-perusaaan sesuai dengan kompetensi siswanya.

Di hadapan siswa SMK KAL- 1 yang melaksanakan Purnawiyata, Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP menekankan bahwa seusai kelulusan ini bagi yang akan terjun ke dunia usaha atau ke dunia industri harus selalu mengacu kepada ilmunya yang di dapat di SMK KAL-1, implementasikan selama berada di dunia kerja/ dunia industri. Tetap menuntut ilmu untuk memperbaiki kehidupan mendatang dan harus selalu menjaga nama almamater baik di DU/Di ataupun di jenjang pendidikikan berikutya.

Selanjutnya Kapeng YHT Cabang Surabaya, menyerahkan penghargaann kepada 3 siswa XII TPM B, Abdul Jalil XII TITL dan Achmad Nur Cholis XII TPM A.

Sedangkan Kasatdik SMK KAL-1 menyerahkan penghargaan juara di tingkat Kompetensi Keahlian TITL kepada Achmad Sholeh, Rangga Irdiansyah dan Ndaru Anggoro Kasih, di Kompetensi Keahlian Pemesinan kepada Ahmad Reza Hernanda, Mario Samuel Kambey, di tingkat Kompetensi TKR kepada Fandi Nurdiansyah, Mohammad Munir Dzulfikar dan Arif Wahyu Setiawan, sedangkan yang terakhir di Kompetensi keahlian TAV kepada Atikah Fadilah Aliatuzzahro , Sherly Nurul Barokah dan Anang Ageng Setyo.

Rangkaian Purnawiyata juga dilakasnakan sambutan dan kesan / pesan orang tua siswa dan penyerahan kembali siswa kepada orang tua siswa oleh Kasatdik kepada perwakilan yang di tunjuk. Mengakhiri rangkaian Puranawiyata di laksanakan Pengucapan janji siswa oleh 159 peserta Purnawiyata yang hadir di Gedung Gita Tamtama

Fram/yht/dar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.