Layanan Publik Kenalkan Tabungan BTN Yunior Di TK Hang Tuah 3 Surabaya

Spread the love

Jurnalline.com, Surabaya – Era milenium membuat semua alih teknologi semakin cepat mempengaruhi pemahaman sosial ekonomi masyarakat, Pengenalan sejak dini kepada anak bagaimana hidup berhemat guna meraih cita-cita sudah di tanamkan oleh Kasatdik TK Hang Tuah 3 Sudarti, S.Pd dengan menghadirkan Layanan Publik berupa kehadiran Bank BTN di sekolahnya dengan Mobil Kas Keliling (MKK) sebulan dua kali pada minggun pertama dan ke tiga hari Rabu,( 02/11/22).

TK Hang Tuah 3 Suabaya salah satu Sekolah Taman Kanak-Kanak yang berada di Komplek Perumahan TNI Al Jln Sarpawisesa Wonosari Ujung Surabaya. Sekolah ini merupakan bagian dari Satdik di bawah naungan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya dengan Kastdik Sudarti, S.Pd

Antusias anak-anak untuk menabung ternyata sangat besar, 75 % dari jumlah siswa mengikuti kegiatan ini, sosialisasi sudah di berikan kepada orang tuanya sehingga anak-anak setiap saat berkesempatan menabung sudah di bekali uang dari rumah.

Saat ini kondisi sekolah TK Hang Tuah 3 memiliki siswa TK 79, Kelompok Belajar 24 dengan guru 10 dan karyawan 2 orang. Keberadaan siswa di daerah Komplek Perumahan TNI AL tentu saja sangat tergantung hunian perumahan yang naik turun sesuai dengan personil TNI Al yang bertugas , dimana selalu ada yang Purna Tugas, ada giliran mutasi dan adanya keluarga muda yang memiliki anak-anak usia sekolah, namun ada juga keluarga yang sudah tidak memiliki anak usia sekolah.

Dengan kondisi sosial seperti ini , jumlah siswa tentu saja tidak bisa di potok setiap tahun ajaran bisa terisi maksimal. Hal ini merata terjadi dimana-mana sesuai dengan kondisi sosial masyarakat di lingkungan sekolah berada.

Menurut Kastdik yang sudah 8 tahun berada di TK Hang Tuah 3, “Pengenalan perbankkan kepada anak-anak bisa langsung diajak ke kantor bank untuk melihat langsung proses pelayanan di bank. Hal ini memerlukan waktu, biaya dan tenaga ekstra. Untuk itu TK Hang Tuah 3 Surabaya menempuh trobosan baru, bekerja sama dengan Bank BTN terdekat untuk melayani anak-anak dengan mendatangkan MKK (Mobil Kas Keliling) ke sekolah” ungkapnya.

Kepala Cabang Bank BTN Nyamplungan Surabaya Risky menyambut baik program ini, sebagai tindak lanjutan di hadirkannya MKK ke TK Hang Tuah 3 setiap bulan dua kali untuk memberikan pembelajaran dan pemahaman akan faedah menabung untuk masa depan anak-anak. Bahkan mereka juga bangga merasa sudah memiliki buku tabungan di Bank BTN seperti halnya orang dewasa.

Dengan kegiatan menabung yang dilaksanakan oleh anak-anak, setidak-tidaknya dapat menambah kedisiplinan dimana saat menabung sudah ditanamkan untuk tertib dalam antrian, melatih kesabaran menunggu giiliran dipanggil,melatih kemandirian, keberanian , mengenal mata uang dan tentu saja hal terpenting bahwa anak-anak sudah mulai mengenal salah satu Layanan Publik dengan segala fasilitasnya.

Fram/yht/dar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.