Kodim 0507/Bekasi Bersama Unsur Terkait Laksanakan Persiapan Simulasi Latihan Penanggulangan Bencana Alam

Spread the love

Jurnalline.com, Kodam Jaya, Kota Bekasi – Di pimpin Pasiops Kodim 0507/Bekasi Mayor Inf Sutadi pelaksanaan apel pengecekan personil dalam rangka persiapan simulasi latihan penanggulangan bencana alam di wilayah Kodim 0507/Bekasi di mulai pada pukul 07.45 Wib.

Kegiatan apel tersebut dilaksanakan di Aula Perum Sakura Regensi Jatiasih Rt.01 Rw.17 Kel. Jatiasih Kec. Jatiasih Kota Bekasi, Kamis (1/12/2022).

Dalam apelnya Pasiops Kodim 0507/Bekasi Mayor Inf Sutadi menyampaikan, “Hari ini kita akan laksanakan simulasi kegiatan penanggulangan bencana alam, dari mulai penyiapan pendirian posko bencana, posko pengsungsian, posko Kesehatan dan pelaksanaan di lapangan yang diperanggapkan bahwa kita berada pada saat kejadian bencana alam banjir”.ucap Pasiops.

“Untuk itu, kami mohon Kerjasama kepada semua pihak untuk bisa melaksanakan tugas sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang sudah di berikan pada saat pelaksanaan gladi model”,lanjut pasiops.

“Sebelum pelaksanaan mari kita berdoa agar kegiatan hari ini dapat berjalan dengan aman dan tertib serta tidak terjadi hal hal yang tidak kita inginkan”,tutup Mayor Inf Sutadi.

Terlihat dilokasi kegiatan Kasdim 0507/Bekasi Letkol Inf Hafes Isjafrin.S.H., melakukan peninjauan lokasi kegiatan pelatihan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Mayor Arm Agus (Dandenma Korem 051/Wkt), Mayor Inf Sutadi (Pasipos Kodim 0507/Bks), Para Danramil Jajaran Kodim 0507/Bks, Para pasidim Jajaran Kodim 0507/Bks, Kapten Cpm Sudarman ( Dansubpom jaya 2/Bks ), Lettu Inf Sumardi (Pasandi Inteldim 0507/Bks), Kompol Feri ( Polsek Jati Asih ), Bapak Hermawan ( Dishub ), dan Bapak Didi. K.P (Satpol PP ).

Usai pelaksanaan apel, kegiatan di lanjutkan dengan melakukan persiapan pendirian tenda oleh tim BPBD Kota Bekasi serta pendirian posko oleh staf Kodim 0507/Bekasi.

Setelah pendirian tenda dan posko selesai, kegiatan di lanjutkan dengan simulasi Latihan penanggulangan bencana dengan runtutan kegiatan di mulai pada pada Pukul 10:50 wib Giat Woro Woro ke kampung oleh Babinsa dan unsur lainnya utk memberitahukan kepada warga Karena ada informasi akan terjadi bencana banjir sesuai dengan informasi dari unsur BMKG.

Pada Pukul 10:56 Wib di peranggapkan dengan sisa waktu yang ada sebelum air kiriman tiba di wilayah Kodim 0507/Bekasi, para Babinsa beserta unsur terkait turun ke sungai untuk membersihkan sungai dari sumbatan sampah sampah besar seperti kayu, potongan bambu dan lainnya yang tersangkut di sungai dengan harapan air sungai bisa mengalir dengan lancar.

Pada Pukul 11:30 wib sesuai dengan alur cerita Danramil menerima laporan dari aparat RT/RW setempat bahwa ada warga nya yang terjebak di lokasi banjir dan memerlukan pertolongan, selanjutnya Danramil berkoordinasi dengan tim penyelamat dari BPBD Kota Bekasi untuk melakukan penyelamatan korban yang kejebak Banjir oleh Tim penyelamat, dalam situasi tersebut para peserta melaksanakan latihan di Waduk Koja dengan menggunakan perahu karet LCR yang di peranggapkan saat melakukan penyelamatkan korban banjir yang selanjutnya di Evakuasi ke posko penyelamatan.

Setelah vase vase Latihan di laksanakan secara keseluruhan pelaksanaan kegiatan sudah di anggap selesai, dan selanjutnya para peserta apel di kumpulkan untuk pengecekan personil dan materiil. Setelah seuluruhnya aman para peserta di silahkan untuk Kembali ke tempatnya masing masing. Dan Kembali besok untuk melaksanakan Latihan secara serentak dengan pengendali Korem 051/Wkt.

Menurut informasi kegiatan tersebut di ikuti oleh personil sebanyak kirang lebih 160 orang, yang terdiri dari personil Pom TNI (Subdenpom-2/Bks), Kodim 0507/Bks, Yonif 202/TM, Polsek Jatiasih, BPBD, Dishub, Polkes Dim 0507/Bks, Bekang Dam Jaya, Pemadam Kebakaran, Satpol PP.

Fram
Sumber Kodim 0507/Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE