Prajurit Ngopi, Masyarakat Ngopi, Penuh Keakraban di Puncak Papua

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat setempat yang ada di daerah penugasan merupakan salah satu kunci keberhasilan satuan penugasan itu sendiri. Sebagai ajang tali silaturahmi dan tingkatkan hubungan baik dengan masyarakat di wilayah Pegunungan Puncak, Satgas Satuan Organik Yonif R 303 Kostrad secara rutin melaksanakan anjangsana atau berkunjung ke rumah maupun Honai warga Kampung Megeabume, Kabupaten Puncak Papua, Minggu (11/12/2022).

Saat ini Satgas Satuan Organik Yonif R 303/SSM melakukan kegiatan Anjangsana ke kampung sekaligus memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat setempat, lebih tepatnya masyarakat kampung Megeabume.

Hal ini dijelaskan oleh Danpos Pintu Jawa, Kapten Inf Putut Ardiansyah S. T Han, bahwa kegiatan Ajangsana tersebut sebagai upaya Satgas TNI Pos Pintu Jawa untuk lebih mendekatkan dan mengakrabkan dengan masyarakat Papua yang tinggal di Pegunungan Puncak Papua.

“Agar terciptanya hubungan yang harmonis bersama masyarakat yang ada di wilayah penugasan, yang harus kami lakukan adalah menjalin hubungan silaturahmi dengan masyarakat yang ada di sekitar wilayah pos yang kami tempati itu sendiri,” tuturnya.

“Satgas Satuan Organik Yonif R 303/SSM rutin untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, serta selalu memberikan kesempatan untuk masyarakat setempat manakala ada warga yang datang dan berobat ke posko pelayanan kesehatan yang ada di pos Pintu Jawa,” imbuhnya.

Pada kegiatan Anjangsana ini, Satgas Yonif 303/SSM mendatangi beberapa rumah penduduk setempat, salah satunya yakni rumah Bapak Murib. Personel TNI melakukan perbincangan tentang apa saja keluhan yang terjadi di kampung ini sehingga dapat membantu dan berupaya untuk menjadikan Kampung Megeabume ini menjadi lebih maju dan lebih baik.

“Dengan adanya kegiatan ini, sambil minum kopi bersama. kami hubungan antara TNI dengan masyarakat perbatasan semakin akrab dan selalu damai dengan terciptanya rasa keharmonisan,” tegas Danpos Pintu Jawa, Kapten Inf Putut Ardiansyah S. T Han.

Alex
Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.