Balita Sehat Bebas Polio, Imunisasi Polio di Yonkav 1 Kostrad

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Dalam rangka menyukseskan SUB PIN (Pekan Imunisasi Nasional), Posyandu Bungur III Yonkav 1 Kostrad melaksanakan Imunisasi Polio di Kantor Posyandu Bungur III Yonkav 1 Kostrad Cimanggis, Depok. Senin, (3/4/2023).

Ketua Persit KCK Cabang XIII Yonkav 1 Koorcab Divif 1 PG Kostrad Ny. Icha Nashir mengimbau agar Ibu-ibu Persit Yonkav 1 tidak takut memberikan vaksin polio untuk anaknya. Sebab, pemberian vaksin Polio ini ditetes melalui mulut ke balita untuk mencegah penyakit, sekaligus penularan polio, yaitu penyakit saraf yang bisa menimbulkan kelumpuhan permanen.

“Jangan takut duluan disuntik, ini di tetes melalui mulut lalu selesai. Makanya kita antisipasi dulu lebih baik daripada satu dua anak terkena sehingga menyebar dan pemulihannya sulit, sebab Polio tidak dapat diobati hanya dapat dicegah dengan tetes Polio,” ucap Ny. Icha.

Sementara itu, petugas Imunisasi Ibu Nurlaili, A.M.Keb mengatakan bahwa Vaksinasi polio ini dilaksanakan dalam dua tahap. Pertama mulai 3-15 April dan dilanjutkan tahap kedua pada 15-27 Mei.

Imunisasi harus dilaksanakan secara penuh atau dalam dua tahap agar tuntas. “Harus full dua tahap agar tuntas melindungi balita,” ucap Bidan Nurlaili.

“Ditemukan kasus Polio walaupun satu orang, ini sudah membuat Jawa Barat dinyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) sehingga kita Kota depok didalamnya melaksanakan Sub PIN Polio,” terang Bidan Nurlaili.

“Kami Dinas Kesehatan Kota Depok tidak bisa berjalan sendiri, sehingga kami membutuhkan dukungan support dari bapak ibu sekalian. Sehingga kegiatan Sub PIN Polio ini bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan target yang diharapkan 95 persen dari seluruh balita di kota depok tanpa memandang status imunisasi,” tutup Bidan Nurlaili..

Fram
Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.