Menambah Percaya Diri dan Kemampuan, Beladiri Hapkido di Yonbekang 2 Kostrad

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Bertempat di Aula Mustaqim Mayonbekang 2/MWJ/2 Kostrad, Prajurit Yonbekang 2 Kostrad melaksanakan kegiatan Sosialisasi Beladiri Hapkido. Kamis (05/04/2023).

Hapkido merupakan salah satu olahraga bela diri yang berasal dari Korea di samping Taekwondo. Hapkido bergerak berdasarkan prinsip lingkaran yang memanfaatkan kekuatan lawan. Teknik-teknik dalam Hapkido antara lain meliputi pukulan, tendangan, kuncian, bantingan, jurus, serta latihan senjata.

Danyon Bekang 2 Kostrad Letkol Cba Moch. Andi Hidayat Arifianto menjelaskan bahwa “Beladiri merupakan keterampilan yang wajib dimiliki setiap prajurit, karena tak selamanya TNI melakukan pertempuran/pertarungan dengan menggunakan senjata, oleh karena itu mungkin dengan adanya sosialisasi beladiri Hapkido ini jika dirasa cocok untuk diajarkan kepada segenap prajurit, diharapkan prajurit Yonbekang 2 Kostrad dapat menjadi prajurit yang lebih Profesional serta menambah kepercayaan diri dalam melaksanakan tugas sehari-hari.”

Sementara itu Jimmy Hapkide selaku Ketua tim sosialisasi mengatakan bahwa “Hapkido merupakan beladiri yang sangat menarik karena mencakup hampir semua jenis beladiri di dalamnya, yang mana Hapkido memiliki 3 prinsip yaitu Hwa (Harmonis), Won (Melingkar), dan Yu (Mengalir), yang mengartikan bahwa Hapkido adalah seni beladiri yang mengalirkan kekuatan lawan dan tidak melawan kekerasan dengan kekerasan.”

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan nantinya prajurit Yonbekang 2 Kostrad mempunyai keterampilan beladiri yang baik guna menghadapi segala kemungkinan yang timbul dalam menjalankan tugasnya sehari-hari, sebagai ujung tombak pertahanan NKRI.

Fram
Penkostrad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.