Tanamkan Jiwa Nasionalisme, Yonif R 509 Kostrad Latih Kader Bela Negara

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Upacara pembentukan dan pelatihan Kader Bela Negara Angkatan IV Tahun 2023 yang dilaksanakan di lapangan Upacara Mayonif Raider 509 Kostrad. Kel. Karangrejo, Kec. Sumbersari, Kab. Jember. Jumat (19/05/2023).

Bela Negara merupakan salah satu alat untuk mempererat dan memperkokoh kecintaan terhadap suatu negara, oleh karena itu sangat penting aspek bela negara ini ditanamkan dalam diri dan jiwa setiap warga negara Indonesia.

Kegiatan Upacara Pembukaan Pembentukan dan Pelatihan Kader Belanegara Kab. Jember angkatan IV tahun 2023 yang diikuti 300 peserta (GP Ansor Jember 200 peserta dan GP Ansor Kencong 100 Peserta). Sebagai Danup Lettu Chb. Muntaha (Danton Komunikasi Yonif R 509//BY/Kostrad) dan Irup H. Hendy Siswanto, S.T., I.PU. (Bupati Jember) serta sebagai penanggung jawab kegiatan Dr. Edi Budi Susilo M.si (Kepala Bakesbangpol kab. Jember).

Ir. H. Hendy Siswanto, S.T., I.PU. Bupati Jember yang bertindak sebagai Inspektur Upacara menyampaikan dalam amanatnya bahwa dalam pelaksanaannya, upaya bela negara tetap menghormati kearifan lokal sebagai bentuk Wawasan nusantara. Hal yang lebih utama adalah nilai-nilai Pancasila tetap menjadi pedoman bekerja dan falsafah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yaitu implementasi nilai-nilai Pancasila, bela Negara dan cinta tanah air.

Di samping itu, Danyonif Raider 509 Kostrad Letkol Inf Hulisda Melala menyampaikan bahwa Kesadaran berbangsa dan negara sebagai ideologi Pancasila sangatlah peting diharapkan dengan pembentukan KBN dapat membenarkan output positif rasa cinta kepada negara dan bangsa.

Fram

(Penkostrad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.