Tingkatkan Pendidikan dan Kesejahteraan Ekonomi, Rumah Pintar dan Pasar Rakyat Untuk Masyarakat Nduga

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Semoga fasilitas ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Nduga, Khususnya warga Batas Batu. Harapan kami anak-anak mendapatkan pendidikan yang layak sehingga ke depan akan tumbuh menjadi generasi penerus yang lebih baik dan roda perekonomian masyarakat dapat berjalan dengan lancar.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider 514 Kostrad, Letkol Inf Rinto Wijaya, S.A.P., M.I.Pol., M.Han. pada saat peresmian Rumah Pintar Sabaddha dan Pasar Rakyat bertempat di Batas Batu Distrik Krepkuri Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan. Selasa (02/5/2023).

Berawal adanya warga masyarakat Batas Batu yang datang ke Pos Satgas Yonif R 514/SY Kostrad dan melaporkan kondisi keterbatasan pendidikan anak-anak serta meminta kepada Satgas agar dibuatkan Rumah pintar agar dapat belajar dengan baik.

Dalam rangka turut serta mewujudkan generasi bangsa yang cerdas dan berkualitas, serta meningkatkan perekonomian masyarakat, Satgas Yonif Raider 514 Kostrad dipimpin Wadansatgas Yonif Raider 514 Kostrad, Mayor Inf Sabar Simanjuntak, Pos Batas Batu bersama dengan masyarakat Batas Batu bahu membahu membangun Rumah Pintar dan Pasar Rakyat. Pembangunan Rumah Pintar ini dimulai pada bulan Februari lalu sampai dengan akhir April.

Dengan adanya pasar rakyat ini, masyarakat dapat berjualan hasil bumi di pasar tersebut sehingga tidak perlu dibawa ke Kota Kenyam yang jaraknya sangat jauh.

Rumah Pintar dan pasar rakyat diresmikan secara langsung oleh Bupati Nduga Namia Gwijangge, S.Pd., M.Si. “Hari ini bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional, Saya Resmikan Rumah Pintar Sabaddha Yonif Raider 514 Kostrad. Terima kasih banyak atas dedikasi dan kepedulian dari TNI kepada masyarakat Nduga. Sekarang sudah ada sekolah disini, kita tidak perlu lagi pergi keluar jauh untuk belajar. Saya harap bangunan ini dapat digunakan dengan baik oleh masyarakat”, harap Bupati Nduga.

Lebih lanjut Bupati Nduga menyampaikan bahwa Yonif Raider 514/Kostra juga membangun Pasar Rakyat untuk warga berjualan. “Ini merupakan hal yang sangat luar biasa. Dengan adanya Pasar Rakyat ini roda perputaran ekonomi akan berjalan dengan baik. Masyarakat dapat menjual hasil buminya sehingga kesejahteraan mereka meningkat”, tegas Namia Gwijangge.

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolres Nduga, Sekda Kabupaten Nduga, Pabung Kodim Yahukimo, Kepala Distrik Krepkuri, Kepala Suku Batas Batu dan Tokoh masyarakat Distrik Krepkuri.

Fram
(Penkostrad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.