Peran Diplomasi Internasional Taruna AAL Pada Satlat KJK 2023 Diberangkatkan

Spread the love

Jurnalline.com, AAL, – Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Pertama TNI Dato Rusman SN. mewakili Gubernur AAL Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi melepas keberangkatan Satuan Latihan Kartika Jala Krida tahun 2023 (Satlat KJK 2023) Taruna AAL Tingkat II Angkatan ke-70 di Indoor Sport Jala Krida Raga, Kesatrian AAL, Bumimoro Surabaya, Minggu (11/6).

Gubernur AAL dalam amanatnya yang dibacakan Wagub AAL mengatakan latihan praktek KJK 2023 bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan kecakapan sebagai bekal awal menjadi perwira TNI AL sekaligus pembentukan karakter prajurit matra laut. Selain itu latihan ini merupakan wujud peran diplomasi TNI AL dalam menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa bahari berwawasan maritim ke dunia internasional.

Gubernur AAL berpesan kepada Taruna peserta KJK 2023 agar senantiasa menjalin hubungan baik dengan penuh persahabatan terhadap masyarakat nasional dan internasional khususnya kepada para komunitas pelaut dunia dalam semangat Seaman Brotherhood.

Satlat KJK 2023 dibawah pimpinan Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Mayor Laut (P) Rendra Haribowo sesuai rencana akan melaksanakan pelayaran menggunakan KRI Bima Suci dengan rute pelayaran Indonesia – Perancis – Belanda – Inggris – Norwegia – Scotlandia – Norwegia dan Jerman berlangsung hingga November 2023 mendatang.

Menurut Palaklat KJK 2023 bahwa secara khusus pelayaran Kartika Jala Krida adalah untuk melatih para Taruna AAL melaksanakan Pelayaran Navigasi Astronomi Lingkaran Besar serta mempraktekkan semua pelajaran profesi dasar matra laut pada keadaan yang sebenarnya. Lattek Kartika Jala Krida juga bertujuan untuk membentuk mental kejuangan dan karakter kepada Taruna sebagai calon perwira TNI AL serta memberikan wawasan kepada Taruna terkait tempat yang disinggahi dan pergaulan TNI AL secara internasional.

Setelah acara pelepasan Satlat, dilanjutkan dengan acara doa bersama yang dilangsungkan di gedung Maspardi, untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa semoga kegiatan pelayaran muhibah keluar negeri KJK 2023 berjalan dengan lancar dan aman.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.