Bersama Warga Setempat Babinsa Koramil 1302-09/Langowan Bejibako Padamkan Sijago Merah Yang Melahap Satu Unit Rumah

Spread the love

Jurnalline.com, Langowan (Minahasa) – Dua Orang Bintara pembina Desa ( Babinsa ) Komando Rayon Militer ( Koramil ) 1302-09/Langowan atas nama Sersan Satu ( Sertu ) Brucelly Mamonto, dan Sertu Gustaf Pangau bersama warga setempat berjibako dengan menggunakan alat seadanya memadamkan api jago merah yang sedang mengamuk melahap Satu Unit rumah milik Keluarga W. Lumintang – Wakadiuw yang berada di Desa Amongena Tiga ( 3 ), Jaga Dua ( 2 ) Kecamatan Langowan timur, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, pada Selasa (11/07/2023) pukul 20.30 Wita.

Informasi mengenai peristiwa kebakaran ini di peroleh Babinsa dari laporan Kepala jaga Dua ( 2 ) Desa Anongena Tiga ( 3 ) Bapak Henke melalui saluran telephon, begitu menerima laporan tersebut, Babinsa melaporkan kepada Pengganti Sementara ( Pgs ) Danramil 09/Langowan Letnan Dua ( Letda ) Inf Lendy Lengkey, saat menerima laporan kebakaran ini, Pgs Danramil memerintahkan Babinsa agar segera meluncur ke TKP dan segera melakukan upaya pemadaman.

Adapun disaat pemadaman berlangsung, Babinsa segera menghubungi Damkar dan meminta agar segera meluncur ke lokasi kebakaran, tak berselang lama beberapa Unit Mobil Damkar tiba di TKP, dengan mengerahkan berbagai upaya yang ada dan juga dibantu warga setempat, akhirnya si jago merah dapat dijinakkan, beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir sekita Rp. 200.000.000 ( Dua ratus juta rupiah ).

Sementara itu Komandan Kodim ( Dandim ) 1302/Minahasa Letkol Inf Mutakbir melalui Pgs. Danramil 09/Langowan Letda Inf Lendy Lengkey menuturkan bahwa “Kebakaran ini pertama diketahui oleh Saksi yaitu Nando Lumintang ( 39thn ) kemudian saksi berteriak meminta tolong sehingga warga segera berkumpul dan berupaya memadamkan Api, kemudian kepala jaga 2 Desa Anongena melaporkan kepada Babinsa.

“Saya berharap dengan kejadian kebakaran seperti ini hendaknya kita selalu mewaspadai, periksa instalasi listrik dirumah kita, apabila akan meninggalkan rumah. pastikan rumah tersebut dalam keadaan aman, perlu diketahui bahwa rumah yang terbakar tersebut terbuat dari kayu, maka api cepat merambat, beruntung tidak merambat ke rumah lainnya,” ujarnya

Lanjut Pgs Danramil, Dengan kejadian ini saya mengingatkan kepada para Babinsa agar selalu memonitor keadaan wilayah binaan masing-masing, ” Jangan pernah bosan mengingatkan warga agar selalu waspada terhadap berbagai macam bencana, dan laporkan setiap kejadian pada kesempatan pertama secara hirargi, “Tegasnya.

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.