Pastikan Kesiapan Dan Kesiapsiagaan, Prajurit Dan Alutsista Terlibat Latgab TNI Ikuti Apel Gelar Pasukan.

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Dalam rangka memastikan kesiapan dan kesiapsiagaan prajurit dan alutsista yang akan dilibatkan dalam Latihan Gabungan (Latgab) TNI tahun 2023, Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) II melaksanakan Apel Gelar Pasukan di Dermaga Madura Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur dan dipimpin langsung oleh Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Andyawan Martono yang dalam Latgab TNI 2023 bertindak sebagai Panglima Komando Gabungan TNI, Kamis (27/7). Turut hadir mendampingi Pangkogabwilhan II sejumlah Pangkotama dari 3 matra TNI yang diantaranya adalah Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H. selaku Panglima Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin).

Dalam kesempatan tersebut, Pangkogabwilhan II melaksanakan inspeksi terhadap kesiapan alutsista dan prajurit dari tiga matra yakni TNI AD, TNI AL dan TNI AU yang sebelumnya telah melaksanakan latihan tahap pertama yaitu Latihan Posko yang berlangsung di Sesko TNI, Bandung. Pada tahap dua yaitu manuver lapangan (Manlap) akan dimainkan sejumlah Komando Tugas Gabungan dan Satuan Tugas Pendukung. Pangkogabwilhan II dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Latgab tahun 2023 ini bertujuan meningkatkan kesiapan tempur sekaligus sebagai bentuk interoperabilitas dan sinergitas antara satuan-satuan TNI dalam rangka menghadapi ancaman terhadap keutuhan NKRI.

Latihan Gabungan TNI tahun 2023 dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari misi Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dalam hal peningkatan profesionalisme prajurit TNI. Latihan gabungan harus dapat dimanfaatkan secara optimal, guna meningkatkan kemampuan prajurit dalam mengaplikasikan doktrin, taktik dan teknik operasi gabungan TNI ke dalam manuver nyata di lapangan.

“Latihan ini memiliki makna yang penting dalam mendukung tugas pokok TNI. Pada saat pelaksanaan manuver lapangan dibutuhkan kesiapan serta perencanaan yang detail, lengkap dan terinci. Dengan didukung kemampuan dan keterampilan handal, sehingga nantinya manuver lapangan dapat terlaksana dengan baik, aman dan lancar.” ungkap Pangkogabwilhan II.

Drie

(Dispen Kolinlamil)

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.