HUT Ke 59 SMANSAKA Gloria Rawis Suguhkan Pidato Bahasa Toutemboan

Spread the love

Jurnalline.com, Kawangkoan — Acara HUT ke 59 SMA Negeri 1 Kawangkoan Kab.Minahasa, yang jatuh pada hari Rabu, (30/08/2023) berjalan lancar dan sukses dengan dihadiri Kacabdin Tomohon Minahasa Fredi Kumeang S.Pd.

Turut Hadir Camat Kawangkoan Utara Fabian Mendur, Danramil Kawangkoan Tompaso Danramil 08/Kawangkoan Pembantu Letnan Satu (Peltu) Novry Lontoh, Kapolsek Kawangkoan diwakili, serta jajaran Kepala sekolah di Minahasa.

Adapun pada rangkaian HUT ke 59 SMA Negeri 1 Kawangkoan kab.Kinahasa ini dirangkaikan dengan penampilan Choir oleh siswa dan siswi, penampilan solo oleh siswi Angelita sarajar kelas XC,
Pidato Bahasa Indonesia oleh siswi Viola Laloan Kelas XaiH, dan Pidato Bahasa Toutemboan oleh siswi Kelas XII IPA 1 yang juga Ketua OSIS SMANSAKA Gloria Rawis.

Acara diawali oleh ucapan selamat datang dari sekretaris panitia Hesky Oroh, S.Pd, sambutan dari Kepala Sekolah SMANSAKA Royke PN.Rau, S.Pd M.Pd, sambutan oleh Kepala Dinas/Kacabdinas Tomohon Minahasa Fredi Kumeang S.Pd, dan sambutan dari Pemerintah Kecamatan Kawangkoan Utara Fabian Mendur, Ketua Komite SMAN 1 Kawangkoan.

Menarik pada rangkaian HUT ke 59 SMA Negeri 1 Kawangkoan ini menampilkan Pidato Bahasa Toutemboan oleh Mengangkat Tema ‘Generasi muda yang hebat untuk Minahasa Hebat’.

Kepada wartawan media ini Gloria Rawis mengatakan Agara bahasa Toutemboan etnis Minahasa harus terus dijaga. Kepada generasi muda siswa dan siswi SMAN 1 Kawangkoan kiranya harus terus diasa, jangan lupakan akan budaya minahasa ini menjadi tugas utama untuk ditekuni dan dikembangkan budaya leluhur Minahasa apalagi kita yang tinggal di daerah Minahasa yang kita miliki saat ini.” Ujarnya

Diketahui dalam penggunaannya, bahasa Tontemboan sudah sangat jarang dipakai oleh generasi masa kini sehingga dikuatirkan bahasa ini akan punah pada generasi yang berikutnya.

Dengan pidato saya ini, untuk terus dilestarikan. Lanjut
Jawara Pidato tingkat Kabupaten disaat SMP dulu, dirinya terus mengasah hingga SMA saat ini.

“Sekilas Bahasa Tontemboan adalah salah satu bahasa yang dipakai di Sulawesi Utara oleh etnis Tontemboan. Dimana Etnis Tontemboan sendiri adalah salah satu etnis dari 9 etnis yang eksis di Minahasa. Dalam kajian Antropologi dan bahasa, etnis Tontemboan dan bahasanya sendiri tergolong dalam rumpun Austronesia-Polinesia-Proto Melayu-Minahasa. Saat ini bahasa Tontemboan masih dipakai oleh sebagian masyarakat di daerah Minahasa dan sekitarnya.”

Pada ujung acara Kegiatan diakhiri dengan ucapan Terima kasih disampaikan oleh Ketua Panitia Drs Ansye Poli.

(IskandarEffendy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.