156 Perwira Muda Lulusan PA PK TNl AL dan PSDP Kunjungi Puspenerbal

Spread the love

Jurnalline.com, TNl AL-Dispen Puspenerbal –
Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Puspenerbal) siang ini kedatangan tamu istimewa, pasalnya sebanyak 156 Perwira Siswa (Pasis) lulusan Sekolah Pertama Perwira Prajurit Karir (Semapa PK) TNl AL Angkatan ke-30 dan Sekolah Penerbang Prajurit Sukarela Dinas Pendek (Sekbang PSDP TNI) angkatan ke-33 datang berkunjung.

Kepala Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan Pesawat Udara (Kafasharkan Pesud) Puspenerbal, Kolonel Laut (T) Johny Setiawan mewakili Komandan Puspenerbal Laksda TNl Dr. Imam Musani menyambut hangat kunjungan perwira muda TNI AL tersebut di Hanggar Fasharkan Pesud Puspenerbal, Lanudal Juanda, Kamis (21/9/2023).

156 Pasis yang saat ini masih menjalani Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan di Kodiklatal ini, terdiri dari 136 Pasis Lulusan Semapa PK TNl AL angkatan ke-30 dan 20 Pasis Lulusan PSDP TNl angkatan ke-33. Mereka berkunjung ke Puspenerbal di bawah asuhan Kasubdis Klaskatmil Disminpersal, Kolonel Laut (E) Ary Arya Satriyadi.

Danpuspenerbal melalui Kafasharkan Pesud menjelaskan bahwa Puspenerbal sebagai bagian dari TNI AL bertugas membina kekuatan Penerbangan TNI AL yang meliputi pengintaian maritim, anti kapal selam, anti kapal permukaan, pendaratan pasukan pendarat lintas helikopter, dukungan logistik cepat, pengamatan laut, menyelenggarakan fungsi dukungan Pesud, pembinaan materil dan personel sebagai sub SSAT dalam rangka penegakan kedaulatan dan hukum di laut.

Kebutuhan personel penerbangan dengan kualifikasi sebagai penerbang dan teknisi terus meningkat seiring dengan tuntutan tugas yang diemban. Oleh karena itu perekrutan aircrew dari berbagai sumber sangat terbuka sesuai persyaratan yang telah ditetapkan.

Personel penerbangan yang direkrut dari lulusan taruna, PA PK dan perwira PSDP paparnya, telah menunjukan hasil yang baik di antaranya menjadi penerbang fixed wing dan rotary wing, beberapa diantaranya menjadi flight engineer dan sebagainya.

“Oleh Karena Itu pada kesempatan yang baik ini kiranya dapat dimanfaatkan oleh seluruh Pasis untuk dapat mengenal Puspenerbal dengan baik,” terangnya.

Pembekalan ini lanjutnya, merupakan salah satu tindak lanjut pimpinan TNl AL dalam membina dan mengoptimalkan kualitas para perwira siswa yang nantinya akan mengawaki organisasi, berperan sentral, strategi dan penting.

Berbagai ilmu dan pengalaman yang telah dan akan diperoleh dalam pendidikan, baik dalam kejuruan atau korps, maupun dalam latihan-latihan yang bersifat interaktif merupakan bagian pari pembentukan jiwa korsa.

“Semuanya itu hendaknya menjadi bekal sebagai perwira yang profesional serta layak dinilai sebagai calon-calon pemimpin TNI AL pada masa mendatang,” tegasnya.

Usai menerima pembekalan, para Pasis diajak berkeliling hanggar untuk dikenalkan dengan berbagai jenis pesawat operasional yang dimiliki Puspenerbal, seperti pesawat latih untuk para siswa Sekbang, helikopter berbagai jenis, pesawat Casa, CN235 patroli maritim dan lainnya.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.