Serunya Aksi Siswa Diktukpa LIII /2023 Latihan Praktek Peknubika

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL. Kodiklatal. Surabaya – Untuk membekali diri dengan pengetahuan dan keterampilan tentang Penyelamatan Kapal (PEK), sebanyak 43 siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa ) TNI AL Angkatan LIII/2023 melaksanakan Latihan Praktek Penyelamatan Kapal, Nuklir, Biologi dan Kimia (Lattek Peknubika) di Pusat Penyelamatan Kapal, Nuklir, Biologi dan Kimia (Puspeknubika) Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Kamis (21/9/2023).

Lattek Peknubika ini merupakan agenda kurikulum Sekolah Navigasi Dan Bahari (Senavbah) yang dipimpin oleh Komandan Senavbah Letkol Laut (P) Wahyu B.M.W, S.E. Kegiatan lattek dilaksanakan selama dua hari yakni dari tanggal 20-21 September 2023 di Damage Control Simulator (DCS) Puspeknubika.

Adapun tujuan dari Lattek ini adalah untuk membekali para siswa dengan mata pelajaran Lattek Peknubika, agar memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang penyelamatan kapal dan bahaya nubika, sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan TNI/TNI Angkatan Laut. Sedangkan sasaran lattek yaitu mengenal organisasi PEK, melaksanakan tugas-tugas personel PEK, melaksanakan Peran Kebakaran, Kebocoran Dan Nubika serta melaksanakan penyelamatan diri dan dokumen di kapal sesuai prosedur dengan baik dan benar.

Disamping itu para siswa juga diharapkan bisa melaksanakan penanganan terhadap masalah kebocoran kapal dan kebakaran meliputi, pengetahuan tentang peralatan Damage Control System dan mampu menggunakan bermacam-macam peralatan pemadam dan memiliki ketrampilan dalam penanggulangan kebakaran, kebocoran, maupun nubika secara benar dan tepat.

Nampak serunya para siswa mempraktekan prosedur pemadaman kebakaran dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) maupun dengan menggunakan selang air tekanan tinggi. Selain itu mereka juga terlihat basah kuyub saat menjalani latihan penanggulangan bahaya kebocoran kapal dengan menggunakan simulasi kapal yang terasa seperti berada di dalam kapal yang sesungguhnya.

Dre

Dinas Penerangan Kodiklatal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.