Meriahkan Kirab Kota HUT TNI AL, Ranger Flight Puspenerbal Beri Hormat dari Langit

Spread the love

Jurnalline.com, TNl AL-Puspenerbal –
Kemeriahan Hari Jadi Ke-78 TNI AL tidak hanya dirayakan Upacara dan Naval Base Open Day di Koarmada ll saja, tetapi juga digelar Kirab Kota yang melibatkan ribuan peserta dari berbagai satuan unsur TNI AL wilayah Surabaya, salah satunya Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) Ranger Flight helikopter Bell 505 Jet Ranger memberi salam dari langit saat flypas di atas Tugu Pahlawan, Minggu (17/9/2023).

Unsur Udara Puspenerbal lainnya yang terlibat adalah Pesud NC 212-200 Aviocar U-6207 dari Skuadron 600 Wingud 2 Puspenerbal yang terbang mendukung Penerjunan Pasukan Elit TNI AL (Taifib dan Kopaska) yang mendarat di areal Tugu Pahlawan Surabaya sebagai titik start pelaksanaan Kirab Kota HUT TNI AL.

Selain Flypas, sedikitnya 150 personel Puspenerbal lainnya juga turut dalam barisan Kirab Kota dengan menampilkan berbagai unsur alutsista dalam kirab tahunan tersebut diantaranya, Truck UAV angkut Sea Eagle dan Target Drone TN 70, kompi pasuka Puspenerbal memakai kostum Flying Suit dan marsheler, mock up pesawat Piper dan tampilan unik menarik lainnya.

Ditengah kemeriahan rangkaian acara ini, bersamaan dengan Genderang Suling (GS) Gita Jala Taruna AAL memberikan penghormatan, bersamaan pula Ketiga Helikopter Bell 505 yang tergabung sebagai Ranger Flight Skuadron 200 Wing Udara 2 Puspenerbal juga memberikan penghormatan.

Helikopter ini merupakan helikopter terbaru TNI Angkatan Laut yang berfungsi sebagai heli latih untuk penerbang-penerbang TNI Angkatan Laut.

Komandan Wing Udara 2, Kolonel Laut (P) Ma’arif menjelaskan bahwa ketiga helikopter ini merupakan heli yang dioperasikan oleh Skuadron Udara 200 Wing Udara 2 Puspenerbal yang berfungsi sebagai heli latih dasar.

Dalam formasi Ranger Flight yang dipimpin oleh Kapten Laut (P) A. Paath ini, ketiga helikopter membentuk formasi V dan melaksanakan hover di atas Tugu Pahlawan mengiringi GS Gita Jala Taruna AAL.

Usai laksanakan penghormatan, ketiga helikopter melintas dihadapan seluruh masyarakat sebelum kembali ke Pangkalan TNI Angkatan Laut Juanda.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.