Tampilkan Iconik Penerbangan, Puspenerbal Meriahkan Kirab Kota HUT ke-78 TNl AL

Spread the love

Jurnalline.com, TNl AL- Puspenerbal
Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Puspenerbal) sebagai salah satuan Kotama TNI AL wilayah Surabaya, turut memeriahkan Kirab Kota HUT ke-78 TNl AL dengan menerjunkan personel, Alutsista, alat dan kelengkapan Iconik penerbangan lainnya dalam menyemarakkan Hari Jadi TNI AL tahun 2023 ini.

10 September, merupakan tanggal yang diperingati tiap tahunnya sebagai hari lahir TNI AL. Untuk Menyemarakkan Hari jadinya tersebut, TNI Angkatan Laut, menggelar Kirab Kota di Kota Pahlawan Surabaya yang juga dikenal sebagai “Kota Angkatan Laut” yang dihelat pada Hari Minggu pagi, (17/9/2023).

Komandan Puspenerbal Laksda TNl Dr. lmam Musani didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Puspenerbal Ny.Anik Imam Musani, Wadan Puspenerbal Laksma TNl Bayu Alisyahbana dan Wakil Ketua Gabungan Jalasenastri Puspenerbal By. Dicca Bayu Alisyhbana hadir dalam even tahunan tersebut.

Kirab Kota sendiri, merupakan sebuah tradisi di TNI AL dalam memperingati hari jadinya, dengan tujuan mengenalkan keberadaan Angkatan Laut kepada masyarakat sekaligus Kota Surabaya sebagai Navy City.

Disisi lain seiring kebijakan pemerintah tentang Poros Maritim, maka menjadi momen untuk menggelorakan kembali semangat kebaharian rakyat bahwa Indonesia adalah salah satu negara Maritim terbesar di dunia.

Dalam Kirab Kota kali ini, 150 prajurit Puspenerbal akan bergabung dengan 3.500 peserta Kirab lainnya dari instansi Militer, instansi unsur kemaritiman dan pelajar yang terbagi dalam 17 kontingen.

Seluruh peserta kirab menempuh rute sejauh 3 kilometer melewati beberapa ruas jalan protokol Kota Surabaya, mulai titik Start di Tugu Pahlawan depan kantor Gubernur Jatim dan finish di Jalan Gubernur Suryo.

Peserta akan mengenakan beragam pakaian dinas kebanggaan, atribut dan asesoris sebagai ciri khas masing-masing kotama, instansi dan sekolah, sehingga akan lebih berwarna dan meriah.

Sejumlah demo juga disiapkan untuk menambah meriah jalannya Kirab Kota, diantaranya Kolone Senapan, Display Genderang Suling Gita Jala Taruna Akademisi Angkatan Laut , Demo Pesawat Udara dari Puspenerbal, demo Penerjunan dari Pasmar-2 serta hiburan dari Raksa Band, dan Campursari Tirto Gumilar Kodiklatal.

Dengan mengusung tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’, Tradisi Kirab Kota diharapkan mampu menarik animo masyarakat luas Kota Surabaya dan sekitarnya untuk mengenal lebih dekat TNI Angkatan Laut.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.