Pangkostrad Terima Kunjungan Kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata Singapura

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc. menerima kunjungan kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata Singapura Laksamana Madya (VADM) Aaron Beng (CHIEF OF DEFENCE FORCE) di Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat. Kamis (21/9/2023).

Dalam kegiatan ini, Laksamana Madya (VADM) Aaron Beng didampingi oleh COL Lim Yu Chuan (Head Joint Intelligence), COL David kwek (Army Attach), ME7 Melvin Gan (Defence Attache Singapore), ME7 Simon Chang San Hua (Group Head JRD), SLTC Low Jun Horng (Group Head JRD), LTC Eric Goh (Branch Head JRD) dan LTC Law Angwei (Military Assistant to CDF).

Setibanya di Makostrad, rombongan Panglima Angkatan Bersenjata Singapura disambut oleh Dandenma Kostrad dilanjutkan menerima Laporan dari Pos 1 dan Hormat jajar dari Dinas keamanan, mengunjungi museum Darma Bhakti Kostrad, penandatangan buku tamu, melaksanakan foto bersama dilanjutkan dengan Courtessy Call di ruang Executive Longe dan menyaksikan video profil Kostrad.

Dalam sambutannya, Pangkostrad menyampaikan ucapan selamat datang dan rasa bangga karena telah dikunjungi oleh Laksamana Madya (VADM) Aaron Beng beserta rombongan.

Pangkostrad juga menjelaskan bahwa Kostrad memiliki 3 Divisi Infanteri, Divisi Infanteri 1 berada di Cilodong, Divisi Infanteri 2 berada di Singosari, dan Divisi Infanteri 3 berada di Pakatto.

“Kostrad tidak hanya melakukan tugas pokok saja, Kostrad juga berpartisipasi dalam OMSP (Operasi Militer Selain Perang) yaitu membantu program pemerintah melalui kegiatan ketahanan pangan, khususnya di wilayah pedalaman yang mengalami krisis pangan. Dalam situasi ini Kostrad juga memberikan solusi dengan membuat pompa hidrolik di area-area tersebut untuk membantu masyarakat mendapatkan akses air bersih, melalui program angkatan darat yaitu “TNI Manunggal Air” dengan sasaran pemberian bantuan air bersih di daerah-daerah pedalaman, bantuan untuk pertanian dan daerah-daerah wilayah perbatasan operasi,” tambah Pangkostrad.

Pangkostrad mengatakan bahwa kerjasama pertahanan bilateral antara Indonesia dan Singapura selama ini merupakan wujud bukti semakin menguatnya hubungan antara kedua negara. Kegiatan kerjasama tersebut khususnya yang melibatkan satuan Kostrad antara lain dalam Latma Safkar Indopura ke-35 yang telah dilaksanakan di Singapura pada bulan Agustus 2023 dengan sukses.

“Saya berharap kerjasama antara TNI AD khususnya Kostrad dengan Angkatan Bersenjata Singapura akan terus berlanjut dan berkembang pada kegiatan lainnya sehingga dapat meningkatkan kerjasama militer dan profesionalisme prajurit TNI AD dengan Angkatan Bersenjata Singapura,” pungkas Pangkostrad.

Sementara itu, Laksamana Madya (VADM) Aaron Beng mengungkapkan jika dirinya merasa terhormat dan bangga bisa berkunjung ke Markas Kostrad dan disambut dengan hangat oleh Pangkostrad beserta staf.

Kegiatan diakhiri dengan pertukaran Cinderamata.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kapuskersin TNI Marsma Firman Dwi Cahyono, Kepala Staf Kostrad Mayjen TNI Syafrial, PSC, M.Tr.(Han), Irkostrad, Kapoksahli Pangkostrad, Asren Kostrad, para Asisten Kaskostrad, Athan RI di Singapura Kolonel Pnb Zailani dan Pabandya-2/Bungprot Spaban VI/Hublu Letkol Arh Yogi Nugraha.

Fram

(Penkostrad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.