Peringatan HUT Ke-78 TNI, Yonif 321 Kostrad Hadiri Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Sawala

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Dalam rangka memperingati HUT Ke-78 TNI Prajurit Yonif 321/GT/13/1 Kostrad melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Sawala bertempat di Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Selasa (03/10/2023).

Kegiatan ziarah tersebut dipimpin oleh Komandan Kodim 0617/Majalengka Letkol Inf Danang Biantoro, S.I.P., M.Si. kegiatan diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan dipimpin oleh komandan upacara, dilanjutkan dengan upacara peletakan karangan bunga oleh Inspektur upacara, pembacaan do’a dan diakhiri dengan tabur bunga oleh Inspektur upacara bersama peserta upacara ziarah lainnya.

Disela-sela tabur bunga Komandan Kodim 0617/Majalengka Letkol Inf Danang Biantoro, S.I.P., M.Si. mengatakan, bahwa kegiatan ziarah ini merupakan tradisi di lingkungan prajurit TNI, termasuk dalam rangka memperingati HUT TNI ke-78, agar kita selalu mengingat jasa-jasa para pahlawan, juga sebagai bentuk rasa hormat dan bangga kita prajurit TNI, bahwa kita ada karena perjuangan dan pengorbanan tanpa pamrih dari para pendahulu.

“Kita sebagai prajurit perlu mencontoh semangat perjuangan dari para pendahulu kita yang rela mengorbankan jiwa dan raganya demi tetap berkibarnya merah putih,” tutur Dandim.

Sementara itu, Wakil Komandan Yonif 321/GT/13/1 Kostrad Mayor Inf Abdurahman Panji Prawira dalam keterangannya mengatakan, ziarah ini menjadi momen yang sangat baik untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang dan berkorban untuk tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Peringatan HUT ke-78 TNI tahun 2023 menjadi kesempatan bagi semua pihak untuk merenungkan peran TNI dalam menjaga kedaulatan negara dan keamanan rakyat. Ini juga merupakan waktu yang tepat untuk memupuk semangat patriotisme dan rasa cinta tanah air di kalangan generasi muda.


“Dengan kegiatan ziarah nasional ini, kita mengingatkan diri kita sendiri akan pentingnya memelihara semangat kepahlawanan dan mengikuti jejak para pahlawan dalam berperan serta membangun bangsa kearah yang lebih baik. Semoga semangat kebersamaan dan penghormatan kepada pahlawan terus membimbing kita dalam mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan sejahtera,” pungkasnya.

Fram

(Penkostrad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.