Kondisikan Ranpur Siap Tempur, Pasukan Pandawa Kostrad Rutin Laksanakan Pemanasan Ranpur

Spread the love

Jurnalline.com, Salatiga – Prajurit Yonif 411/Pandawa Kostrad melaksanakan pemanasan Kendaraan Tempur (Ranpur) yang bertempat di markas Pasukan Pandawa Kostrad di Salatiga, Jawa Tengah. Kamis,(23/11/2023).

Kegiatan pemanasan dilaksanakan oleh Prajurit Peleton Ranpur dengan menggunakan Kendaraan Tempur jenis ranpur Tank M113 A1, Ranpur berbobot 12,3 ton ini memiliki panjang 4,8 meter, lebar 2,6 meter, dan tinggi 2,5 meter. M113 A1 dapat mengangkut dua awak dan 11 penumpang.

Pemeliharaan ranpur tersebut dilaksanakan dengan mengelilingi Rai Ban Yonif 411/Pandawa Kostrad sejauh 7 Km yang bertujuan untuk memanaskan mesin dan mengecek seluruh sistem yang terdapat pada Alutsista tersebut.

Dalam hal ini Serka David Iwan Setiadi selaku Komandan Seksi Angkutan menyampaikan, Pemanasan gerak secara berkala memang harus dilaksanakan, hal tersebut bertujuan untuk mengecek kesiapan Ranpur apabila sewaktu – waktu dibutuhkan dalam keadaan mendadak.

“Selain pemeliharaan gerak Ranpur, dilaksanakan juga pengecekan pada seluruh Ranpur meliputi sistem kemudi, pengereman, kelistrikan, pengapian, rantai Ranpur, pengisian air radioator dan oli pada mesin, pemeliharaan ini secara terjadwal dilaksanakan setiap minggunya supaya kondisi Ranpur selalu dalam keadaan terpelihara dan terawat,” imbuhnya.

Fram

(Penkostrad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.