Raih Akreditasi Paripurna, Klinik Balai Pengobatan Lanudal Tanjungpinang Memenuhi Standar Pelayanan Optimal

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL – Dispen Puspenerbal –
Klinik Pratama Balai Pengobatan (BP) Lanudal Tanjungpinang meraih Akreditasi Paripurna dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sebagai fasilitas pelayanan kesehatan yang telah memenuhi standar akreditasi, yang diterbitkan tanggal 22 Desember 2023. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2022 Tentang “Akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat, Klinik, Laboratorium Kesehatan, Unit Transfusi Darah, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi” akreditasi adalah pengakuan terhadap mutu pelayanan pusat kesehatan masyarakat, klinik, laboratorium kesehatan, unit transfusi darah, tempat praktik mandiri dokter, dan tempat praktik mandiri dokter gigi setelah dilakukan penilaian bahwa pusat kesehatan masyarakat, klinik, laboratorium kesehatan, unit transfusi darah, tempat praktik mandiri dokter, dan tempat praktik mandiri dokter gigi telah memenuhi standar akreditasi. Akreditasi ini sendiri menjadi upaya peningkatan mutu klinik untuk dapat memberikan perlindungan kepada masyarakat terhadap mutu pelayanan kesehatan di klinik.

Kegiatan akreditasi terdiri atas beberapa tahapan antara lain pre akreditasi, pelaksanaan survei akreditasi dan pasca akreditasi. Proses akreditasi kesehatan merupakan evaluasi menyeluruh terhadap berbagai aspek kualitas pelayanan di suatu fasilitas kesehatan, di antaranya aspek infrastruktur, peralatan medis, prosedur pelayanan, tenaga medis, serta manajemen pelayanan.
“Akreditasi Paripurna dari Kemenkes RI tentunya menjadi motivasi BP Lanudal Tanjungpinang dalam mewujudkan pelayanan kesehatan bermutu yang berorientasi pada keselamatan dan kepuasan pasien,” pungkas Kolonel Laut (P) Triwibowo selaku Komandan Lanudal Tanjungpinang.

Klinik BP Lanudal Tanjungpinang beralamat di Jalan Nusantara KM 12,5, Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau. BP Lanudal Tanjungpinang melayani pasien rawat jalan mulai dari pasien umum hingga pasien BPJS Kesehatan. BP Lanudal Tanjungpinang menyediakan ruang tunggu dan ruang periksa yang memadai dan peralatan penunjang dasar sesuai dengan indikasinya.

Keberhasilan meraih akreditasi paripurna menunjukkan komitmen Klinik BP Lanudal Tanjungpinang untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. “Kesehatan adalah aset berharga yang harus kita jaga. Kami siap memberikan pelayanan dan perawatan terbaik untuk pasien baik personel TNI Angkatan Laut dan keluarga pada khususnya dan masyarakat sekitar pada umumnya,” ujar drg. Adhe Susanti selaku Pgs Kepala BP Lanudal Tanjungpinang.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.