Bupati JSK Buka Opening Remarks ASF CABI Launching In North Sulawesi

Spread the love

Jurnalline.com, Tompaso (MINAHASA) — Bertempat di BPU desa Pinabetengan kecamatan Tompaso Barat, kabupaten Minahasa pada hari Selasa (19/03/2024) (CABI) diwilayah Percontohan pada provinsi Sulut dilaksanakan Kegiatan Peluncuran Program Community ASF Biosecurity Intervetion (CABI) diwilayah Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara.

Adapun kegiatan ini disuport oleh Kementrian Pertanian RI, Pemprov Sulut, Food and Agriculture Organisation of the United Nations, USAID from the American people. Dan Ministry of agriculture food and rural affairs Republik of Korea.

Pada kesempatan ini PJ.Bupati Jemmy S.Kumendong Memberikan apresiasi dan penghargaan pada kementrian pertanian RI bersama kerjasama dengan direktorat kesehatan hewan RI yang sudah melaksanakan kegiatan ini di wilayah kecamatan Tompaso barat kabupaten Minahasa

“Diketahui bahwa di kabupaten Minahasa Provinsi sulut bahwa peternakan babi merupakan sektor unggulan yang banyak memberikan kontribusi dalam pembangunan diwilayah provinsi Sulut.” Ujar Kumendong

Kegiatan trener dan modul bagi b para peternak hewan Babi ini menjadi harapan telah memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Minahasa, upaya membuat para peternak kembali sukses.

Lanjut Kumendong Terkait vaksin virus ASF, yang sampai sekarang belum ada, ini tentu bagian dari upaya dilaksanakan kegiatan ini agar supaya dapat pengetahuan pemahaman bagaimana para peternak babi pasca ASF.

Kumendong menambahkan bahwa Satu Tujuan pelaksanaan ini mendapat pengetahuan dan pemahaman , menjadi solusi memutus mata rantai virus ASF.

Usai sambutan Kegiatan dilanjutkan dengan Pelatihan peternak hewan babi, dilanjutkan penyerahan sertifikat Penandatanganan dan kerjasama biosecurity.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Minahasa Jemmy S.Kumendong, Rajendra Aryal – FAO Representatif In Indonesia dan Timor Leste, H. Agustia Direktur Kesehatan Hewan Dr Drh Nuryati Zainudin M.Si Gubernur Sulut diwakili, Camat Tompaso Barat Stevry Pandey, Hukum tua pinabetengan Elsje Tandaju, Kadistanakan provinsi Sulut Wihelmina JN Pangemanan , SPT MSi,. Kadistanakan Minahasa DR Ir Margaretha Ratulangi MAP, peternak babi didesa Pinabetengan raya kecamatan Tompaso Barat. (EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.